Pengguna Twitter di Indonesia Ternyata Doyan Belanja di Akhir Tahun

Kompas.com - 30/10/2019, 14:27 WIB
Ilustrasi Twitter. KOMPAS.com/Gito Yudha PratomoIlustrasi Twitter.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

JAKARTA, KOMPAS.com - Twitter Indonesia mengungkap data bahwa pengguna jejaring sosial asal Tanah Air ternyata gemar membicarakan topik berbelanja (shopping) menjelang akhir tahun.

Tren pembicaraan atau topik berbelanja mulai ramai dibicarakan tweeps Tanah Air pada periode September hingga Desember. Temuan ini berasal dari riset internal Twitter tentang percakapan terkait topik belanja dan travel di bulan 2018.

Berdasarkan riset tersebut, pihak Twitter mengklaim jumlah twit di Twitter tentang berbelanja meningkat dua kali lipat pada momen hari berbelanja nasional seperti "9/9", "10/10", "11/11", dan "12/12".

Baca juga: Ini Dia Akun Twitter Menkominfo Johnny Plate

"Sebanyak 61 persen pengguna Twitter di Indonesia gemar berbelanja online pada musim liburan akhir tahun," kata Country Industry Head Twitter Indonesia, Dwi Adriansah kepada KompasTekno di Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Ia tidak menyebutkan secara detail berapa jumlah pengguna yang dimaksud ataupun jumlah twit yang dilontarkan di periode akhir tahun ini.

Namun, ia mengklaim bahwa satu di antara empat pengguna di Twitter gemar berbelanja online melalui smartphone mereka.

Suka cari diskon di Twitter

Selain itu, Dwi turut mengumbar sejumlah fakta menarik seputar pengguna Twitter di Indonesia terhadap tren belanja online.

Baca juga: Bekraf Pamit dari Instagram dan Twitter, Warganet Ucapkan Terima Kasih

"Sekitar 39 persen pengguna Indonesia itu senang mencari promo dan diskon di Twitter," tutur Dwi. Ia kemudian menambahkan, sebanyak 94 persen pengguna Twitter di Indonesia juga gemar berbelanja online dalam satu bulan terakhir.

Dwi Adriansah, Country Industry Head Twitter Indonesia di Jakarta, Rabu (30/10/2019)KOMPAS.com/ BILL CLINTEN Dwi Adriansah, Country Industry Head Twitter Indonesia di Jakarta, Rabu (30/10/2019)

Kemudian, sebanyak 48 persen pengguna Twitter Indonesia juga kerap memamerkan barang yang mereka beli secara online di jejaring sosial tersebut kepada para pengikutnya.

Terakhir, Dwi memaparkan bahwa 42 persen pengguna Twitter di Indonesia lebih memilih berbelanja untuk dirinya sendiri, lalu 14 persen lainnya berbelanja untuk kado kepada kerabat atau saudara terdekat.

Baca juga: Begini Cara Mengetahui Akun Bot di Twitter

"Fesyen dan aksesori menjadi kategori paling populer yang dibeli oleh pengguna Twitter di Indonesia melalui perangkat seluler," kata Dwi. Sebanyak 69 persen tweeps Tanah Air meminati dua kategori barang itu.

Di bawahnya, sebanyak 54 persen warga Twitter suka membeli produk terkait travelling, kemudian 50 persen senang membeli produk perawatan pribadi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X