Toyota Pamer Robot-robot yang Bakal Bertugas di Olimpiade Tokyo 2020

Kompas.com - 30/10/2019, 18:00 WIB
Robot T-HR3 (Toyota Humanoid Robot) memperagakan responsnya atas gerak manusia di Tokyo Motor Show 2019. Selain bisa menirukan gerak, robot ini juga bisa merespons gerak manusia seperti melambaikan tangan sebagai balasan lambaian tangan. Kompas.com/Wisnu NugrohoRobot T-HR3 (Toyota Humanoid Robot) memperagakan responsnya atas gerak manusia di Tokyo Motor Show 2019. Selain bisa menirukan gerak, robot ini juga bisa merespons gerak manusia seperti melambaikan tangan sebagai balasan lambaian tangan.

TOKYO, KOMPAS.com - Tokyo Motor Show 2019 yang sedang berlangsung sejak 24 Oktober-4 November, tidak hanya memamerkan teknologi kendaraan masa depan, tetapi juga teknologi industri robot dan segala kemungkinannya. 

Toyota, pemilik area terluas di Tokyo Motor Show 2019, tidak hanya memamerkan kendaraan-kendaraan berteknologi tinggi untuk masa depan, tetapi juga sejumlah robot yang disiapkan untuk ajang Olimpiade 2020 di Tokyo.

Bagi Toyota, teknologi robot yang dipamerkan ditujukan sebagai pendukung mobilitas manusia, seperti dijumpai Kompas.com saat pembukaan pameran Tokyo Motor Show di Tokyo Big Sight, Kamis (24/10/2019).

Salah satunya robot itu adalah T-HR3 (Humanoid Robot) yang tidak hanya bisa meniru gerakan, tetapi juga merespons gerakan manusia, seperti melambaikan tangan untuk membalas salam.

Baca juga: Ini Kendaraan Masa Depan Toyota, Dipamerkan di Tokyo Motor Show 2019

Robot yang tampilannya dibentuk berdasarkan tubuh manusia, mampu berinteraksi dengan peralatan maupun lingkungan yang dibuat untuk manusia, seperti menutup botol minum.

Pengunjung terkesima dengan kemampuan robot yang ditunjukkan di ajang pameran teknologi otomotif terbesar di dunia itu. 

Seperti diketahui, Tokyo Motor Show merupakan satu dari lima pameran teknologi otomotif terbesar di dunia, selain Detroit, Jenewa, Frankfurt, dan Paris

Membawa kegembiraan

Secara khusus, dengan robot-robot itu, Toyota hendak membantu para atlet dan mereka yang mengalami keterbatasan gerak di ajang Olimpiade 2020 di Tokyo.

"Toyota hendak membawa kegembiraan dan kebebasan bergerak untuk semua," ujar Akio Toyoda, President Toyota Motor Corporation.

Apa yang dilakukan Toyota dengan robot ini menjelaskan pergeseran perusahaan otomotif terbesar di dunia itu ke arah "perusahaan mobilitas".

"Ini adalah bentuk dari masyarakat mobilitas masa depan yang kita impikan bersama. Kami akan terus menciptakan produk mobilitas yang memiliki nilai dan disukai," ujar Akio Toyoda.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X