Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pengguna Facebook Tembus 2,4 Miliar

Kompas.com - 31/10/2019, 14:16 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna aktif bulanan (monthly active users atau biasa disingkat MAU) jejaring sosial Facebook terus meningkat.

Dalam laporan keuangan kuartal-III 2019, Facebook memaparkan bahwa ada sekitar 2,4 miliar pengguna yang mengakses Facebook setiap bulannya.

Jumlah pengguna aktif bulanan ini meningkat 8 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2018.

Baca juga: 600 Juta Password Pengguna Facebook Terbuka Selama 7 Tahun

Sementara rata-rata pengguna aktif yang login ke layanan Facebook mencapai 1,62 juta setiap harinya, meningkat 9 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Lantas, dari mana mereka mengakses Facebook? Pengguna Facebook sepertinya ramai mengakses jejaring sosial tersebut dari smartphone mereka.

Bisa dibilang begitu lantaran Facebook juga melaporkan bahwa ada peningkatan pendapatan iklan di sektor mobile.

Adapun pendapatan iklan Facebook melalui mobile mencapai 94 persen dari keseluruhan revenue, meningkat 2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pendapatan Facebook secara keseluruhan sendiri tercatat di angka 17,6 miliar dollar AS meningkat 29 persen dari total pendapatan 13,7 miliar dollar AS di kuartal 3 2018.

Sehingga jika dihitung-hitung, pendapatan dari mobile advertising berkisar di angka 17,3 miliar dollar AS.

Baca juga: Facebook Sering Tolak Polisi Indonesia Buka Data Penyebar Hoaks

"Kami memiliki performa kuartal yang baik dan komunitas serta bisnis kami terus tumbuh," kata pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg sebagaimana dihimpun KompasTekno dari blog Investor FB, Kamis (31/10/2019).

"Fokus utama kami adalah pengembangan isu-isu sosial besar dan membangun pengalaman baru yang meningkatkan taraf hidup masyarakat di seluruh dunia," tambahnya.

Terkait jumlah pengguna, Facebook juga mengungkap bahwa secara total ada sekitar 2,2 miliar orang kini menggunakan layanan Facebook, Instagram, Messenger, dan WhatsApp setiap harinya.

Sementara 2,8 miliar orang terpantau mengakses salah satu dari empat layanan tersebut setidaknya dalam satu bulan terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com