XL Bukukan Laba Bersih Rp 505 Miliar

Kompas.com - 01/11/2019, 16:02 WIB
XL Axiata. XL AxiataXL Axiata.

KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata kembali merilis laporan keuangan perusahaan. Pada kuartal III-2019 ini, XL tercatat membukukan laba bersih sebesar Rp 505 miliar.

Menurut Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini, performa XL di kuartal III-2019 ini merupakan buah manis dari pemanfaatan digital IT dan data analytics, untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna.

Sehingga, menurut Dian, perusahaan bisa lebih mudah dalam menyediakan dan menawarkan layanan yang memang dibutuhkan setiap pelanggan.

Selain itu XL juga mengklaim bahwa selama sembilan bulan terakhir 2019 ini, pendapatan perusahaan berhasil tumbuh sebesar 11 persen dari tahun sebelumnya. Kemudian pendapatan yang diperoleh pada kuartal III-2019 ini meningkat sebesar 3 persen dari kuartal sebelumnya.

Baca juga: XL Mulai Bangun BTS USO di NTT, Ende yang Pertama

"Pencapaian ini merupakan hasil usaha keras dalam mendorong penggunaan layanan oleh pelanggan melalui upselling layanan data yang pada akhirnya mampu meningkatkan ARPU blended pada kuartal ini, yaitu naik menjadi Rp 36.000 dari Rp 34.000 di kuartal sebelumnya," kata Dian.

Melalui keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Jumat (1/11/2019), XL juga mengklaim telah berhasil melakukan efisiensi biaya sehingga mampu meningkatkan EBITDA sebesar 19 persen YoY, yang sekaligus lebih tinggi dari pendapatan dan mendorong peningkatan EBITDA margin sebesar 3 ppts.

Selain itu, jumlah total pelanggan XL juga diklaim meningkat menjadi 55,5 juta pengguna dari 53,9 juta pengguna di periode yang sama pada 2018. Menurut Dian, jumlah pengguna data naik menjadi 88 persen per tahun dari total keseluruhan pelanggan, di mana 70 persen di antaranya menggunakan data 4G.

Secara keseluruhan, XL mengatakan total trafik mengalami peningkatan sebesar 56 persen selama sembilan bulan terakhir. Pertumbuhan tersebut mayoritas terjadi di layanan data 4G.

Baca juga: XL Luncurkan Paket Telepon Sepuasnya Mulai Rp 100.000

Dian mengklaim sejak XL fokus berinvestasi jaringan di luar Jawa mulai 2016 hingga saat ini, kinerja dari luar Jawa menunjukkan performa yang kuat. Pendapatan dari wilayah luar Jawa juga diklaim terus meningkat menggungguli pertumbuhan di Jawa.

"Tentu saja ikut meningkat pula kontribusinya pada pendapatan perusahaan," kata Dian.

Selama beberapa bulan terakhir, XL Axiata memang melakukan perluasan jaringan di luar Jawa. Hingga periode kuartal III-2019, jumlah BTS telah meningkat menjadi total 129.000 unit dengan lebih dari 53.000 unit di antaranya adalah BTS 3G dan lebih dari 39 ribu BTS 4G.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X