TechTrip Kompas.com x Vivo, Merasakan Belanja Serba "Cashless" di Singapura

Kompas.com - 03/11/2019, 15:32 WIB
Pintu masuk toko swalayan Habitat di Singapura KOMPAS.com/ OIK YUSUFPintu masuk toko swalayan Habitat di Singapura
Penulis Oik Yusuf
|

SINGAPURA, KOMPAS.com - Di pasar swalayan pembeli biasanya memang melayani diri sendiri dengan memasukkan barang ke dalam troli, untuk kemudian melakukan pembayaran di kasir.

Namun, konsep swalayan Habitat di Singapura yang didirikan oleh jasa pengiriman layanan dan belanjaan Honest Bee ini lebih canggih karena serba otomatis dan mengandalkan aplikasi.

Sebagai bagian dari rangkaian perjalanan TechTrip KompasTekno dan Vivo Indonesia ke Singapura, pada Sabtu (2/11/2019), para peserta diajak mengunjungi supermarket Habitat di daerah Pasir Panjang.

Kunjungan dilakukan untuk mendapatkan pengalaman belanja serba modern dan otomatis dari swalayan cashless pertama di Negeri Singa tersebut.

Sebelum masuk, pengunjung diharuskan mengunduh aplikasi Honest Bee terlebih dahulu. Aplikasi secara otomatis akan menampilkan QR code di layar ponsel, apabila mendeteksi pengguna sedang berada di dekat lokasi Habitat.

Baca juga: Pemenang Lomba Foto TechTrip KompasTekno Jalan-jalan ke Singapura

QR code ini dipindai ke mesin di pintu masuk untuk membuka gerbang.

QR code dari aplikasi Honest Bee yang digunakan sebagai tiket masuk ke swalayan Habitat.KOMPAS.com/ OIK YUSUF QR code dari aplikasi Honest Bee yang digunakan sebagai tiket masuk ke swalayan Habitat.
Untuk melakukan pembelian, pengunjung mesti mendaftarkan kartu kredit atau kartu debit di aplikasi Honest Bee. Setelahnya, cukup pindai barcode di kemasan barang yang akan dibeli dengan aplikasi.

Barang pun akan dimasukkan ke “keranjang belanja” virtual di dalam aplikasi. Selanjutnya pengguna tinggal melakukan konfirmasi untuk membayar barang-barang yang akan dibeli.

Belanjaan yang sidah dibayar pun bisa langsung dibawa ke luar swalayan. Di pintu keluar ada mesin pemindai QR code lagi untuk membuka gerbang. Jika belanjaan belum dibayar, maka gerbang tidak akan dibuka.

Para peserta TechTrip awalnya kebingungan saat ingin berbelanja, karena konsepnya yang serba aplikasi dan belum pernah ditemui di Indonesia.

Namun, setelah mendapat penjelasan mengenai caranya dari staf Habitat, mereka pun langsung sibuk belanja.

Para peserta TechTrip KompasTekno mencoba melakukan pembelian barang di swalayan Habitat melalui aplikasi Honest BeeKOMPAS.com/ OIK YUSUF Para peserta TechTrip KompasTekno mencoba melakukan pembelian barang di swalayan Habitat melalui aplikasi Honest Bee

“Kalau kesulitan sih hanya saat pertama pasang aplikasinya saja. Setelah itu lancar,” ujar salah seorang peserta, Kristanto Nugroho.

Bisa lewat aplikasi atau counter

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X