Google Tak Akan Tampilkan Situs Mengandung Flash di Hasil Pencarian

Kompas.com - 03/11/2019, 18:03 WIB
Logo Adobe Flash VentureBeatLogo Adobe Flash

KOMPAS.com - Masih ingat beragam game berbasis Flash yang bisa dimainkan secara online langsung di peramban? Game-game tersebut biasanya disediakan oleh aneka situs internet yang bisa ditelusuri lewat mesin pencari Google

Nah, kini mesin pencari Google bakal berhenti untuk menampilkan situs internet yang berisi konten Flash, seperti aneka situs yang menampung game Flash tadi. Adapun langkah ini bakal dilakukan Google pada akhir tahun 2019.

"Google Search akan menyetop dukungan Flash akhir tahun ini," ujar Engineering Manager Google, Dong-Hwi Lee dalam keterangan resmi di blog Google.

"Di halaman web yang berisi konten Flash, layanan Google Search akan mengabaikan konten Flash," imbuhnya.

Baca juga: Flash Diramal Bakal Punah dalam 2 Tahun

Ia juga menambahkan bahwa ekstensi file dokumen berbasis Flash dengan akhiran *.SWF bakal turut diabaikan dalam pencarian Google.

Meski demikian, Lee tidak mengumbar alasan mengapa pihaknya berencana untuk berhenti meng-index aneka konten berbasis Flash.

Namun, jika melihat ke belakang, format konten Flash sendiri perlahan ditinggalkan oleh para pengembang situs. 

Flash kian ditinggalkan

Pada tahun 2019, diperkirakan hanya sekitar 5 persen situs internet yang masih menggunakan Adobe Flash, menurun drastis dari angka 28,5 persen pada tahun 2011.

Beberapa peramban pun, termasuk pembuat Flash itu sendiri (Adobe), bahkan secara perlahan akan menyetop dukungan software Flash.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X