Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Maps Mode Menyamar Meluncur, Begini Cara Pakainya

Kompas.com - 04/11/2019, 15:03 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah dikenalkan di ajang Google I/O pada Mei silam, dan kemudian mulai digelontorkan pada awal Oktober lalu, mode "Incognito" atau mode penyamaran di aplikasi Google Maps akhirnya resmi meluncur.

Mode Incognito ini memungkinkan pengguna untuk menjaga privasinya. Bisa dibilang demikian lantaran Google tak akan menyimpan riwayat tempat-tempat apa yang pernah pengguna cari atau kunjungi, ketika menggunakan aplikasi Google Maps.

Pantauan KompasTekno, Senin (4/11/2019), mode ini sudah bisa dinikmati di aplikasi Google Maps versi 10.28.2. Bagi pengguna yang belum mendapatkannya, sebaiknya memperbarui aplikasi Google Maps ke versi terbaru.

Mode penyamaran ini bakal digelontorkan kepada pengguna Google Maps dalam beberapa hari ke depan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Senin (4/11/2019).

Baca juga: Google Maps Juga Bakal Kebagian Mode Gelap

Sayangnya, pengguna Google Maps versi iOS harus bersabar sedikit. Sebab, Google menyebut bahwa mereka bakal menggelontorkan fitur ini kepada pengguna Android terlebih dahulu.

Diketahui, mode Incognito sendiri juga sudah tersedia di aplikasi Google lainnya, seperti Google Chrome hingga YouTube. Lantas, bagaimana cara mengaktifkan mode ini di Google Maps?

Cara mengaktifkan mode Incognito di Google Maps

Mode penyamaran ini bisa diaktifkan dengan meng-klik ikon avatar pengguna yang terletak di pojok kanan atas tampilan aplikasi Google Maps. 

Cara mengaktifkan mode Incognito di Google MapsKOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengaktifkan mode Incognito di Google Maps

Setelah itu, pilih opsi "Turn on Incognito mode". Tak lama kemudian, aplikasi Google Maps akan dibuka ulang secara otomatis dan pengguna bakal disajikan dengan tampilan Google Maps mode Incognito.

Untuk menon-aktifkannya, pengguna cukup klik ikon Incognito yang menggantikan avatar pengguna tadi dan kemudian pilih opsi "Turn off Incognito mode".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com