TechTrip Kompas.com x Vivo, Merasakan Seni dan Teknologi di ArtScience Museum Singapura

Kompas.com - 05/11/2019, 10:02 WIB
Bagian atap ArtScience Museum yang dirancang serupa bunga Lotus di kawasan Marina Bay Sands, Singapura. KOMPAS.com/ OIK YUSUFBagian atap ArtScience Museum yang dirancang serupa bunga Lotus di kawasan Marina Bay Sands, Singapura.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Pernah melihat bangunan berbentuk unik serupa kelopak bunga menghadap atas, di kawasan Marina Bay Sands Singapura?

Struktur itu tak lain merupakan "atap" dari ArtScience Museum yang pertama kali dibuka pada 2011. Museum sains dan seni itu menjadi salah satu destinasi TechTrip KompasTekno akhir pekan lalu.

Ada area ekshibisi permanen bernama "Future World". Untuk menuju ke sana, pengunjung ArtScience mesti memasuki lift di lantai dasar dan turun ke basement 2. Di sini ada area ekshibisi dimaksud, yang bisa disambangi apabila telah membeli tiket sebelumnya.

Future World memadukan tema seni yang diwujudkan lewat teknologi dalem empat tema, yakni City in a Garden, Park, Space, dan Sanctuary.

Pengunjung menikmati salah satu galeri interaktif di ArtScience Museum.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Pengunjung menikmati salah satu galeri interaktif di ArtScience Museum.

Baca juga: Pemenang Lomba Foto TechTrip KompasTekno Jalan-jalan ke Singapura

Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan aneka galeri yang dirancang oleh kelompok seniman teknologi teamLab asal Jepang. Peserta TechTrip KompasTekno dan Vivo Indonesia pun tak menyia-nyiakan kesempatan ini.

Dari pengamatan KompasTekno, aneka galeri interakrif di ArtScience Museum bisa dinikmati para pengunjung dari berbagai rentang umur. Baik anak-anak maupun orang tua sibuk berpose, meluncur di perosotan berhias gambar digital, hingga menggambar.

Salah satunya adalah Ludhita Dwiariyanto, peserta TechTrip asal Wonosobo, Jawa Tengah, yang baru pertama kali ke Singapura. Dia terlihat sibuk menggambar bersama para pengunjung lain di galeri "Sketch Aquarium".

Ludhita Dwiariyanto, salah satu peserta TechTrip KompasTekno dan Vivo Indonesia yang ikut berkunjung ke ArtScience Museum.
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Ludhita Dwiariyanto, salah satu peserta TechTrip KompasTekno dan Vivo Indonesia yang ikut berkunjung ke ArtScience Museum.

"Ini nama dua anak saya," kata pria yang biasa dipanggil Dodit itu sambil sumringah, menunjukkan hasil karyanya yang berupa gambar dua makhluk laut ditulisi nama sang anak.

Gambar dibuat di atas selembar kertas, diwarnai dengan krayon. ArtScience Museum memang memajang meja-meja panjang berisi perlengkapan menggambar untuk menunjang keperluan ini.

Baca juga: TechTrip KompasTekno: Merasakan Belanja Cashless dengan Smartphone di Singapura

Dodit kemudian memasukkan dua lembaran gambarnya ke sebuah mesin scanner khusus. Sejenak kemudian, dua ubur-ubur coretannya sudah terlihat "berenang" di proyeksi di dua bidang tembok yang dibuat agar terlihat seperti akuarium raksasa.

Sketch Aquarium yang memajang coretan para pengunjung dalam bentuk animasi.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Sketch Aquarium yang memajang coretan para pengunjung dalam bentuk animasi.

"Akuarium" itu tampak dipenuhi gambar-gambar dari pengunjung yang dianimasikan sedemikian rupa, sehingga tampak hidup dan tiga dimensi, berenang-renang mengitari ruang akuarium virtual.

Para pengunjung pun sibuk menunjuk-nunjuk gambar kreasinya yang menjelma seolah hidup, sebelum berlalu untuk berinteraksi dengan galeri lainnya di ArtScience Museum.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X