Begini Cara Mengirim File Lebih dari 25 MB lewat Gmail

Kompas.com - 05/11/2019, 13:29 WIB
Ilustrasi Gmail ShutterstockIlustrasi Gmail
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Di platform Gmail, Google membolehkan penggunanya melampirkan sejumlah file (attachment) dengan ukuran keseluruhan mencapai 25 MB.

Kuota tersebut terbilang kecil dan seringkali tidak cukup, apalagi jika pengguna ingin mengirimkan sejumlah gambar beresolusi tinggi.

Namun, ternyata ada cara yang bisa digunakan untuk mengirim file dengan ukuran lebih besar lewat layanan e-mail Google itu. Simak langkah-langkah berikut.

Upload file via Google Drive

Untuk mengirim file berukuran besar, pengguna bisa memanfaatkan Google Drive. Layanan cloud storage ini tersedia untuk semua pengguna Gmail secara otomatis dan bisa digunakan dengan login menggunakan akun Google.

Baca juga: Mode Gelap Gmail Resmi Digulirkan untuk Android dan iOS

Google Drive menyediakan kapasitas penyimpanan 15 GB secara cuma-cuma alias gratis. Pengguna bisa meningkatkan angkanya hingga 100 GB atau maksimal 30 TB dengan membayar biaya langganan.

Untuk mengirim file lewat Gmail, sebelumnya pengguna mesti mengunggah berkas dimaksud terlebih dahulu ke Google Drive. Bukalah aplikasi Goolge Drive atau kunjungi situs drive.google.com, kemudian pilih dan unggah file yang ingin dikirim.

Cara kirim file Gmail ukuran besar part 1KOMPAS.com/Bill Clinten Cara kirim file Gmail ukuran besar part 1

Cara mengunggahnya sendiri terbilang sederhana. Pengguna cukup meng-klik ikon "+" di halaman depan Google Drive. Lalu, pilih ikon "Upload".

Kemudian, pengguna akan disodorkan dengan tampilan daftar file atau gambar yang tersimpan di media penyimmpanan ponsel atau PC. Di sini, pilih file yang ingin dikirim dan kemudian klik tombol "Open".

Semua jenis file bisa diunggah, mulai dari dokumen teks, foto, hingga video resolusi tinggi, asalkan ukurannya tidak melebihi batas penyimpanan Google Drive (15 GB untuk penggunaan gratis, atau hingga 30 TB untuk penggunaan berbayar tadi).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X