YouTuber Fortnite Diblokir Selamanya Karena Pakai "Cheat"

Kompas.com - 05/11/2019, 20:49 WIB
Skin bertema galaksi untuk avatar game Fortnite yang disediakan eksklusif di perangkat Samsung Galaxy Note 9 dan Tab S4. Epic GamesSkin bertema galaksi untuk avatar game Fortnite yang disediakan eksklusif di perangkat Samsung Galaxy Note 9 dan Tab S4.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Seorang YouTuber gaming dengan kanal bernama Jarvis baru-baru ini diblokir dari game Fortnite selamanya.

Ia dilarang bermain game battle royale besutan Epic Games tersebut setelah ketahuan menggunakan cheat atau software ilegal yang membantunya membidik musuh secara otomatis (aimbot).

Jarvis pun meminta maaf kepada Epic Games atas perbuatan yang kadung ia lakukan dalam sebuah video klarifikasi berdurasi 6 menit 47 detik. 

Diwarnai dengan isak tangis, Jarvis meminta pihak Epic Games untuk meringankan hukuman ban yang diterimanya.

Baca juga: Layanan Anti-Cheater Kaspersky Bisa Mendeteksi Pemain Curang di Game

Lebih lanjut, ia mengatakan akan siap menerima apapun ganjaran yang akan dilayangkan kepadanya akibat perbuatan tersebut, asalkan ia bisa kembali bermain game Fortnite.

Tak ada ampun

Pembuat Fortnite mengatakan bahwa mereka tidak akan mengampuni para pemain yang menggunakan program ilegal.

Sebab, para cheater ini menghancurkan esensi bermain di dalam game Fortnite, serta membuat orang yang bermain secara adil dan kompetitif jadi tidak nyaman.

"Kami tidak punya toleransi untuk penggunaan software cheat," pungkas pihak Fortnite sebagaimana dikutip KompasTekno dari Independent, Selasa (5/11/2019).

Bukan kali ini saja, Epic Games sendiri terbilang serius dalam memberantas penggunaan cheat.

Pada Agustus lalu, pihak Epic mengatakan bakal memblokir ponsel yang terdeteksi menggunakan file installer APK ilegal dari game resmi Fortnite selamanya.

Identifikasi perangkat bisa terjadi karena Epic Games dapat melihat unique identifier ponsel yang bersifat permanen dan tak bisa diubah oleh pengguna, seperti nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity).

Baca juga: Pembuat Game Fortnite Gugat YouTuber Beken Karena Jual Cheat

Dua bulan setelahnya, pihak Epic Games kemudian menggugat seorang YouTuber beken yang menjual cheat semacam aimbot kepada para subscriber mereka.

Kala itu, mereka meminta para YouTuber ini menghapus video yang mempromosikan software tersebut lantaran program semacam itu dilarang berjalan di game Fortnite.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X