Ada Aneka Game di Aplikasi Facebook dan Messenger, Begini Cara Mainnya

Kompas.com - 07/11/2019, 19:12 WIB
Tampilan landing page Facebook Gaming di ponsel. FacebookTampilan landing page Facebook Gaming di ponsel.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Tahun lalu, Facebook memperkenalkan sebuah tab berjudul "Gaming" di aplikasinya. Tab ini memuat aneka game yang bisa dimainkan oleh pengguna Facebook, berikut konten lain seperti sajian live streaming dari pemain profesional.

Ada juga kumpulan grup Facebook yang membicarakan game tertentu, hingga fanpage resmi tentang game yang bersangkutan.

Aneka game yang tersaji bisa langsung dimainkan. Caranya, pertama-tama tentu Anda mesti memasang aplikasi Facebook terlebih dahulu.

Baca juga: Kominfo Siapkan Regulasi untuk Denda Facebook dan Twitter

Lalu, setelah masuk ke dalam aplikasi, pilih ikon tiga garis horizontal bertumpuk yang terletak di ujung kanan atas layar. Kemudian, pilih menu "Gaming". Di sini terdapat aneka konten terkait game, termasuk live streaming dan aneka game yang bisa langsung dimainkan

Cara bermain game di aplikasi FacebookKOMPAS.com/Bill Clinten Cara bermain game di aplikasi Facebook

Untuk memainkan beragam game ini, Anda cukup menekan tombol "Play" yang terpampang di samping kanan ikon game tersebut.

Kemudian, anda juga bisa meng-klik tombol "See All" untuk menelusuri game apa saja yang tersedia dan dimainkan oleh teman Anda.

Baca juga: Facebook Akui Menguping Percakapan Pengguna Messenger

Ada pula deretan kategori game di bagian bawah halaman yang bisa di-klik untuk mengurutkan game Facebook sesuai genre masing-masing. 

Main game Facebook di aplikasi Messenger

Selain bisa diakses lewat aplikasi Facebook, game-game tersebut juga bisa dimainkan melalui aplikasi chatting Messenger. Anda cukup membuka aplikasi Messenger, kemudian klik tab "Discover" yang digambarkan dengan lambang menyerupai kompas.

Cara bermain game di aplikasi MessengerKOMPAS.com/Bill Clinten Cara bermain game di aplikasi Messenger

Di halaman Discover ini, Anda lantas bisa langsung memainkan aneka game favorit masing-masing yang terdaftar di Facebook dengan meng-klik tombol "Play".

Jika ingin lebih mudah mengakses beragam game Facebook ini, Anda juga bisa membuat pintasan (shortcut) berbentuk ikon yang bisa diklik langsung melalui "home screen" ponsel.

Caranya sederhana, Anda cukup meng-klik pilihan "Add Shortcut" pada menu pengaturan ketika Anda sedang bermain game tersebut.

Baca juga: Facebook Ubah Logo Perusahaan

Aneka game di di Facebook dan Messenger dimainkan langsung secara instan di dalam dua aplikasi itu. Artinya, Anda tak perlu menyediakan ruang kosong di storage ponsel seperti yang diperlukan apabila mengunduh game dari toko aplikasi.

Progress atau save data game pun bakal disimpan di cloud storage Facebook. Dengan begini, progress Anda di dalam game tidak akan hilang meski berpindah atau berganti perangkat, asalkan akun Facebook yang digunakan masih sama.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X