TechTrip KompasTekno, Memotret Makro dan "Wide" dengan Vivo V17 Pro

Kompas.com - 07/11/2019, 20:15 WIB
Peserta TechTrip KompasTekno sibuk menjajal kamera ponsel Vivo V17 Pro dalam kunjungan ke Gardens by the Bya, Singapura, (2/11/2019). KOMPAS.com/ OIK YUSUFPeserta TechTrip KompasTekno sibuk menjajal kamera ponsel Vivo V17 Pro dalam kunjungan ke Gardens by the Bya, Singapura, (2/11/2019).
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Dua peserta TechTrip KompasTekno, Hartanto Tan dan Ari Wibowo tampak sibuk mengarahkan ponselnya ke sekuntum bunga di kompleks taman Gardens by the Bay, Singapura, akhir pekan lalu.

Keduanya ternyata tengah mencoba kebolehan kamera Vivo V17 Pro. Baik Hartanto maupun Ari terlihat memotret bunga tersebut dalam jarak yang sangat dekat dengan ponsel tersebut.

Baca juga: TechTrip KompasTekno, Memotret Singapura di Malam Hari dengan Vivo V17 Pro

Vivo V17 Pro memang dilengkapi dengan kamera makro 2 megapiksel. Meski resolusinya tak besar, Vivo V17 Pro dapat menghasilkan gambar makro yang apik. Ia pun mengunggah gambar hasil tangkapan kamera makro Vivo V17 Pro pada akun Instagramnya.

"Ternyata teknologi smartphone sudah sangat maju. Kini smartphone sudah memiliki lensa macro. Percaya tidak kalau ini menggunakan smartphone?" tulis Hartanto.

Begitu pula dengan Roby Hartono, salah satu peserta TechTrip lainnya. Menurut pria asal Solo yang berprofesi sebagai fotografer dan videografer profesional ini, hasil jepretan makro Vivo V17 Pro sudah bisa diandalkan untuk mengganti peran DSLR saat liburan.

Baca juga: Pemenang TechTrip Kompas.com x Vivo Jalan-jalan ke Singapura

"Saat mencoba mode makro pada kamera Vivo V17 Pro. Foto ini saya ambil hanya dengan kamera dari HP Vivo V17 pro dengan mode makro. Editing minor dengan Snapseed dan hasilnya sungguh luar biasa. Ketika kamera hp sudah mewakili DSLR," tulisnya.

Vivo V17 Pro memang memiliki sebanyak empat kamera yang terpatri di bagian belakangnya. Kamera utama ponsel ini beresolusi 48 megapiksel (Sony IMX 582) dengan bukaan lensa f/1.8.

Dua kamera lainnya masing-masing beresolusi 2 megapiksel (f/2.2) dengan fungsi berbeda, yaitu untuk fungsi macro dan fungsi untuk menerapkan efek bokeh.

Kamera ultra wide angle, tangkapan gambar lebih lebar

Kemudian, ada satu kamera lain yakni ultrawide angle 8 megapiksel dengan bukaan lensa f/2.2 yang memiliki lebar sudut pandang selebar 120 derajat.

Baca juga: TechTrip Kompas.com x Vivo, Merasakan Kota di Dalam Taman di Singapura

Kamera ultrawide memiliki cakupan yang lebih luas sehingga pengguna bisa menangkap scene yang luas meski dalam jarak dekat.

Hasil jepretan kamera wide Vivo V17 Pro.Oik Yusuf/Kompas.com Hasil jepretan kamera wide Vivo V17 Pro.

KompasTekno pun sempat mencoba memotret patung Merlion lewat kamera ultrawide ini. Hasilnya, wujud patung terlihat secara utuh lengkap dengan area latar belakang yang lebih luas sambil tetap mempertahankan detil awan di langit (highlights) yang terlihat jelas.

Bagian langit memperlihatkan efek strecthing khas lensa ultrawide, sehingga memberika kesan perspektif yang unik.

Hasil kamera ultrawide Vivo V17 ProOik Yusuf/Kompas.com Hasil kamera ultrawide Vivo V17 Pro

Kamera ultrawide di Vivo V17 Pro bisa diandalkan untuk memperoleh foto dengan bidang pandang lebih luas dibanding kamera wide (normal) standar.

Baca juga: TechTrip Kompas.com x Vivo, Merasakan Belanja Serba Cashless di Singapura

Selain itu, jarak fokus minimumnya juga relatif dekat sehingga bisa pula digunakan untuk memotret ala makro dengan perspektif yang berbeda.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X