Dua Mantan Pegawai Twitter Dituduh Jadi Mata-mata Arab Saudi

Kompas.com - 08/11/2019, 07:01 WIB
Ist

KOMPAS.com - Dua mantan pegawai Twitter baru-baru ini dituduh memata-matai akun pengguna di platform tersebut, atas perintah pemerintah Arab Saudi.

Berdasarkan laporan Washington Post, tudingan ini dijatuhkan setelah jaksa penuntut pengadilan AS menemukan sejumlah indikasi bahwa mereka telah menggali data pengguna Twitter terkait kritik terhadap pemerintahan Arab Saudi.

Adapun kedua mantan pegawai yang minggat dari Twitter pada tahun 2015 tersebut bernama Ahmad Abouammo (warga AS) dan Ali Alzabarah (warga Arab Saudi).

Tak hanya itu, jaksa penuntut juga turut menyeret satu orang asal Arab Saudi yang diduga berperan sebagai perantara dua mantan pegawai Twitter tadi, dengan pemerintah Arab Saudi.

Baca juga: TikTok Bantah Tudingan Jadi Mata-mata China

Abouammo sendiri dituduh telah memata-matai tiga akun Twitter yang kerap mengekspos "borok" di balik keluarga kerajaan, dan pemerintahan Arab Saudi. Ia juga diduga pernah memalsukan dokumen untuk menghambat penelusuran FBI.

Sementara Alzabarah dituding telah mengakses (meretas) sekitar 6.000 akun Twitter pada tahun 2015 atas permintaan Arab Saudi.

Bukan akun "kaleng-kaleng" yang diretas, namun sejumlah akun Twitter ternama yang kerap melontarkan komentar negatif terhadap pemerintahan Arab Saudi.

Salah satunya adalah akun seorang jurnalis (dengan jumlah pengikut mencapai 1 juta) yang sempat dekat dengan Jamal Khashoggi, jurnalis yang tewas dibunuh di tangan pemerintah Arab Saudi pada Oktober lalu.

Pemerintah Arab Saudi belum memberikan keterangan resmi terkait tudingan ini.

Twitter berterimakasih

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X