Tumblr Kini Punya Fitur Grup Percakapan di Aplikasi

Kompas.com - 08/11/2019, 11:02 WIB
Tumblr Group Chat Tumblr via The VergeTumblr Group Chat

KOMPAS.com - Situs mikrobloging Tumblr merilis fitur baru bernama Group Chat. Fitur ini mirip grup percakapan di layanan pesan instan milik Telegram, WhatsApp, atau Facebook.

Bedanya, Group Chat di Tumblr memiliki beberapa perbedaan, salah satunya bersifat publik alias terbuka. Dengan demikian, siapa saja bisa bergabung ke dalam group chat tersebut meski hanya bisa menjadi pembaca diam.

Jika ingin ikut nimbrung dalam percakapan, pengguna harus meminta untuk bergabung lebih dulu. Apabila administrator telah mengizinkan, maka pengguna bisa mengirim pesan di dalam grup. Hanya saja, kapasitas maksimal anggota grup ini adalah 100 orang.

Fitur ini bisa ditemukan dengan mengklik ikon perpesanan yang ada di pojok kanan atas aplikasi. Nantinya akan ada beberapa pilihan Group Chat tematik yang bisa dipilih, misalnya grup pembuat film, grup pencinta puisi, grup kesehatan mental, dan sebagainya.

Baca juga: Tumblr Dijual Murah ke Pemilik WordPress

Tinggal pilih group chat mana yang temanya dianggap menarik.

Perbedaan lain fitur Group Chat di Tumblr dibandingkan di platform lain seperti Facebook adalah, semua pesan akan hilang dalam waktu 24 jam.

Group Chat menjadi salah satu terobosan di Tumblr memudahkan penggunanya berkumpul dalam satu grup percakapan, dengan topik yang sama.

Selama ini, mereka hanya bisa saling membalas komentar di masing-masing unggahan atau me-repost (unggah kembali) postingan. Selain bercakap di grup, pengguna juga bisa berkirim pesan dengan anggota grup secara personal.

Keamanan yang utama

Scott Oltrogge, Product Manager Tumblr mengatakan, dalam mencetuskan ide ini Tumblr tetap mengutamakan keamanan pengguna, dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (8/11/2019).

Salah satu caranya adalah dengan memberikan otoritas grup kepada pemilik grup atau administrator untuk mengontrol anggotanya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X