Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Wonosobo ke Singapura, Kisah Peserta TechTrip yang Baru Pertama ke Luar Negeri

Kompas.com - 09/11/2019, 18:47 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Redaksi Kompas.com dan Vivo Indonesia menggelar lomba foto Instagram TechTrip berhadiah jalan-jalan ke sejumlah destinasi bernuansa teknologi di Singapura. Sebanyak enam orang penenang telah diberangkatkan pada akhir pekan lalu.

Salah satu dari mereka adalah Ludhita Dwiariyanto, pria asal Wonosobo yang baru pertama kali naik pesawat dan berangkat ke luar negeri.

Pengalaman serba perdana ini membuatnya sedikit kikuk saat hendak bertolak dari Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Jumat (1/11/2019) dinihari.

“Mas, check-in itu apa?” tanya Ludhita yang biasa dipanggil Dodit, kepada KompasTekno saat berada di depan counter maskapai untuk mendaftarkan bagasi bawaannya.

Pertanyaan polos itu bukan bercanda, tapi memang serius. Tim KompasTekno dan Vivo Indonesia, berikut para peserta lain, pun mendampingi Dodit sembari menjelaskan berbagai hal kepadanya sepanjang perjalanan.

Akhirnya Dodit dan kawan-kawan mendarat dengan mulus di Singapura pada siang hari yang sama untuk memulai rangkaian perjalanan TechTrip.

Baca juga: Pemenang TechTrip Kompas.com x Vivo Jalan-jalan ke Singapura

Naik bus 12 jam dari Wonosobo

Sebelum berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, Dodit mesti lebih dulu pergi ke Jakarta dari rumahnya di Wonosobo, Jawa Tengah. Perjalanan ditempuhnya dengan naik bus selama lebih kurang 12 jam.

Namanya pengalaman pertama, jauh sebelum tanggal kepergian, Dodit sudah lebih dulu banyak bertanya kepada sanak saudara dan teman-teman yang sudah pernah ke luar negeri, khususnya Singapura.

Namun nyatanya, pengalaman di Negeri Singa ternyata jauh melebihi ekspektasinya dari cerita-cerita yang didengar.

“Ternyata jauh lebih enak dan bagus dari yang mereka katakan. Teman-teman yang ke sini biasanya main sendiri. Ini kita ramai-ramai, asyik sekali,” tuturnya dengan senyum semringah ketika berbincang santai dengan KompasTekno.

Ludhita Dwiariyanto, salah satu peserta TechTrip KompasTekno dan Vivo Indonesia yang ikut berkunjung ke ArtScience Museum.
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Ludhita Dwiariyanto, salah satu peserta TechTrip KompasTekno dan Vivo Indonesia yang ikut berkunjung ke ArtScience Museum.

Di hari pertama, Dodit dan kawan-kawan langsung diajak mengunjungi kantor dua perusahaan teknologi beken di Singapura yang dirancang menarik dengan desain interior unik dan dilengkapi berbagai fasilitas untuk para karyawan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by daris (@darisarch) on Oct 31, 2019 at 11:35pm PDT

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by @itsmeandvisual on Nov 2, 2019 at 10:36am PDT

Hari berikutnya, Dodit menjajal belanja cashless lewat di swalayan Habitat yang semua transaksinya dilakukan dengan aplikasi Honest Bee. Dia juga mencoba membeli barang lewat mesin penjual otomatis di sebuah kompleks apartemen.

“Saya belum pernah lihat vending machine sebelumnya,” kata pria yang berprofesi sebagai sales untuk sebuah perusahaan distributor otomotif di kota asalnya ini.

Baca juga: TechTrip Kompas.com x Vivo, Merasakan Belanja Serba Cashless di Singapura

KompasTekno memergokinya sedang asyik mencoret-coret kala mengunjungi ArtScience Museum di kawasan Marina Bay Stands. Rupanya, Dodit menggambar dua makhluk laut untuk dipindai menjadi animasi di layar raksasa galeri Sketch Aquarium.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com