Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ovo dan Blibli Siap Bikin Aplikasi Android untuk Toko Aplikasi Huawei

Kompas.com - 14/11/2019, 09:27 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Pengembang aplikasi asal Indonesia menyatakan ketertarikannya untuk menyertakan aplikasi buatan mereka ke dalam toko aplikasi Android milik Huawei, yakni AppGallery.

Menurut mereka, layanan tersebut memiliki potensi yang besar khususnya di Indonesia.

Langkah tersebut dilakukan karena smartphone Huawei kini tidak lagi dapat menggunakan layanan Google Mobile Services (GMS) karena imbas dari pemboikotan yang dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat.

Alhasil, Huawei kini mengembangkan Huawei Mobile Services (HMS) sebagai alternatif dari GMS.

Salah satu layanan dari HMS adalah AppGallery. Layanan ini mirip dengan Google Play Store di mana pengguna bisa mengunduh dan memasang beragam aplikasi pada ponsel Huawei milik mereka.

Layanan ini juga boleh dibilang sebagai pengganti Google Play Store yang tidak hadir pada smartphone Huawei.

Baca juga: Huawei Klaim Pengguna Toko Aplikasinya Mencapai 390 Juta

Untuk dapat masuk ke dalam AppGallery, aplikasi yang dikembangkan harus disesuaikan agar kompatibel dengan HMS. Itulah sebabnya perusahaan asal China ini menggelar acara bertajuk Huawei Developer Day (HDD) yang digelar di Hotel Capella Singapura, Rabu (13/11/2019) kemarin.

Dalam acara ini, dua pengembang aplikasi asal Indonesia, yakni Ovo dan Blibli tertarik untuk turut menyertakan aplikasi milik mereka ke dalam AppGallery Huawei. Alasannya sama, karena untuk beralih dari GMS ke HMS tidaklah terlalu sulit.

Romin Adi Santoso, salah satu pengembang aplikasi Ovo saat ditemui Kompas.com di acara Huawei Developer Daya yang digelar di Singapura, Rabu (13/11/2019).YUDHA PRATOMO/KOMPAS.com Romin Adi Santoso, salah satu pengembang aplikasi Ovo saat ditemui Kompas.com di acara Huawei Developer Daya yang digelar di Singapura, Rabu (13/11/2019).
Romin Adi Santoso, salah satu developer Ovo mengatakan bahwa pihaknya tidak perlu melakukan banyak konfigurasi khusus agar aplikasi Ovo bisa masuk ke dalam AppGallery.

Menurut dia, untuk beralih dari GMS ke HMS hanya butuh sedikit penyesuaian.

"Huawei juga market leader di sini. Integrasinya juga tidak susah. Hanya tinggal alokasi waktu aja. Jadi ya nothing to lose," ungkap Romin kepada KompasTekno di Singapura.

Ia pun mengatakan meski Huawei kerap diterpa isu keamanan, pihak Ovo tidak melihat adanya potensi masalah dari sektor keamanan.

"Gak susah sebenernya. Karena kita tidak terlalu banyak menggunakan GMS, jadi porting-nya juga tidak banyak. Ini sudah didiskusikan dengan tim, tinggal masalah mau eksekusi saja," lanjutnya.

Hal senada diutarakan Sandy Lamond Kusuma, tim Digital Marketing dari Blibli.com. Menurut dia, perusahaannya saat ini sudah memiliki rencana untuk mengembangkan aplikasi agar bisa masuk ke dalam AppGallery Huawei.

Digital Marketing Blibli Sandy Lamond Kusuma saat ditemui Kompas.com di acara Huawei Developer Day yang digelar di Singapura, Rabu (13/11/2019).YUDHA PRATOMO/KOMPAS.com Digital Marketing Blibli Sandy Lamond Kusuma saat ditemui Kompas.com di acara Huawei Developer Day yang digelar di Singapura, Rabu (13/11/2019).
Sandy mengatakan hal tersebut hanya tinggal menunggu waktu saja. Sebab saat ini perusahaan e-commerce itu masih fokus pada masa promosi di Harbolnas.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com