Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Mate 30 Pro Resmi di Indonesia, Harga Rp 12,5 Juta

Kompas.com - 14/11/2019, 14:08 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski Mate 30 Pro tak dilengkapi layanan Google Play Store akibat pemblokiran oleh pemerintah AS, Huawei tetap percaya diri menjual ponselnya ke pasar internasional, tak terkecuali di Indonesia.

Huawei Mate 30 Pro resmi diboyong ke Tanah Air setelah dirilis di Munich, Jerman pada September lalu bersama Huawei Mate 30, yang tak ikut dipasarkan ke Tanah Air.

Versi "pro" ini memiliki desain yang mirip dengan saudaranya, terutama bagian layar yang dihiasi bilah poni panjang, bukan bulat seperti kebanyakan smartphone saat ini.

Akan tetapi, poni Huawei Mate 30 Pro lebih panjang dibanding Mate 30. Sebab, poni ini tidak hanya menampung kamera depan beresolusi 32MP (f/2.0) saja, tapi juga sensor-sensor seperti gestur tangan, 3D depth camera, ambient light, dan proximity sensor

"Ini adalah notch paling canggih saat ini, bisa menggeser layar dan screenshot tanpa menyentuhnya dari jarak 20 cm" klaim Edy Supartono, Training Director Huawei CBG Indonesia di acara peluncuran di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Kiri-kanan: Edy Supartono, Training Director Huawei CBG; Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei CBG di acara peluncuran Huawei Mate 30 Pro di Jakarta, Kamis (14/11/2019). 
KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Kiri-kanan: Edy Supartono, Training Director Huawei CBG; Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei CBG di acara peluncuran Huawei Mate 30 Pro di Jakarta, Kamis (14/11/2019).
Spesifikasi

Huawei Mate 30 Pro memiliki bentang layar 6,53 inci dengan resolusi 2.400 x 1.176 piksel dan rasio aspek 18,5:9.

Baca juga: Kamera Huawei Mate 30 Pro Dinobatkan sebagai Yang Terbaik

Tepian layar dibuat melengkung atau diistilahkan Huawei sebagai "Horizon Display". Tidak ada tombol fisik volume di sisi kanan maupun kiri ponsel dan diganti dengan on-screen slider.

Modul kamera belakang Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro sama-sama berbentuk bundar, tapi ada perbedaan konfigurasi. Dalam hal ini, empat kamera di Mate 30 Pro (perangkat di foto) lebih baru dan canggih. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Modul kamera belakang Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro sama-sama berbentuk bundar, tapi ada perbedaan konfigurasi. Dalam hal ini, empat kamera di Mate 30 Pro (perangkat di foto) lebih baru dan canggih.
Fitur itu baru muncul setelah mengetukan layar sebanyak dua kali di sisi kanan atau kiri layar. Sementara tombol daya terletak di sisi kanan ponsel.

Beralih ke sektor kamera. Mate 30 Pro dibekali empat kamera yang terdiri dari kamera wide 40 MP (f/1.6, 27mm, OIS) Super Sensing, kamera ultra wide Cine 40 MP (f/1.8, 18mm) SuperSensing camera, kamera telephoto 8 MP (f/2.4, 80 mm, OIS) dengan 3x optical zoom, dan kamera 3D ToF.

"Dengan menggunakan lensa ultra lebar cine dan super sensing lebar, ditunjang dengan telefoto, menjadikan Mate 30 Pro perangkat ideal untuk mobile photography dan membuat video sinematik," jelas Edy.

Di sektor dapur pacu tertanam chipset besutan Huawei sendiri yakni Kirin 990 yang diapdu dengan RAM 8 GB dan memori internal 256 GB.

Huawei Mate 30 Pro dibekali baterai 4.500 mAh yang didukung pengisian daya cepat 40W dan fitur wireless reverse charging atau pengisian daya dengan cara menempelkan punggung ponsel ke ponsel Huawei lainnya yang memiliki fitur serupa.

Tanpa Toko Aplikasi Google Play Store

Seperti versi internasional non-China lainnya, Hauwei Mate 30 tidak didukung layanan Google Play Service.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com