Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Laptop Asus ZenBook dengan CPU AMD Ryzen Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 14/11/2019, 16:32 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asus kembali merilis lini laptop ZenBook terbarunya di Indonesia. Ada dua seri laptop ZenBook yang diboyong Asus ke Indonesia, yaitu ZenBook UM431 dan ZenBook Flip UM462.

Kedua perangkat ini diklaim sebagai laptop pertama seri ZenBook di Indonesia, yang hadir dengan prosesor Ryzen besutan AMD.

"Asus selalu ingin menjadi merek laptop pertama di Indonesia," kata Country Product Manager Lead Asus Indonesia, Frank Wang di panggung peluncuran acara di kawasan Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (14/11/2019).

"Ini merupakan pertama kali kami memperkenalkan laptop seri ZenBook dengan prosesor Ryzen generasi ketiga," imbuh Country Product Manager Asus Indonesia, Nick Wu dalam kesempatan yang sama.

Baca juga: Duo Asus ZenBook Terbaru yang Meluncur di Indonesia Jadi Versi Termurah

Nah, jika dilihat secara kasat mata, bahasa desain kedua laptop ini berbeda. Bagaimana perbandingannya?

Asus ZenBook Flip UM462

Dari namanya saja sudah tersurat bahwa ZenBook Flip UM462 mengadopsi desain laptop konvertibel, alias bisa dilipat, sehingga menyerupai tablet.

Panel berukuran 14 inci ZenBook Flip UM462 bisa dilipat (flip) hingga kemudian memunggungi bagian bawah laptop. Engsel laptop pun diklaim tahan hingga 20.000 kali tekukan.

Asus ZenBook Flip UM462KOMPAS.com/Bill Clinten Asus ZenBook Flip UM462
Lebih lanjut, ZenBook Flip UM462 ini sendiri mengusung desain bezel-less di keempat sisinya dengan resolusi Full HD Plus, dan rasio layar ke bodi diklaim mencapai 90 persen.

Laptop konvertibel ini dipersenjatai dengan dua varian prosesor, yaitu Ryzen R5 (GPU Radeon RX Vega 8) dan Ryzen R7 (GPU Radeon RX Vega 10), berikut RAM 8 GB dan storage SSD 512 GB.

Spesifikasi lainnya mencakup touchpad yang bisa berubah menjadi numpad, port USB Type-C, port USB A 2.0, speaker quad-camera dengan teknologi Harman Kardon, serta baterai yang diklaim kuat hingga 9 jam.

Di Indonesia, ZenBook Flip UM462 dijual dengan harga Rp 12,3 juta (Ryzen 5) dan Rp 13,3 juta (Ryzen 7).

Asus ZenBook UM431

Asus ZenBook UM431 sendiri mengusung desain layaknya laptop konvensional, tidak seperti seri ZenBook Flip UM462 yang layarnya bisa dilipat.

Baca juga: Asus Luncurkan Laptop Dua Layar ZenBook Pro Duo

Laptop ini berukuran 14 inci dengan resolusi Full HD Plus dan masih mengusung bahasa desain bezel-less di keempat sisinya (rasio layar ke bodi 86 persen).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com