Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Klaim Kuasai Pasar Laptop Indonesia Berkat VivoBook

Kompas.com - 14/11/2019, 18:14 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Vendor laptop asal Taiwan, Asus mengklaim perusahannya masih merajai pasar notebook di Indonesia selama tujuh tahun berturut-turut.

Klaim ini disampaikan oleh Frank Wang selaku Country Product Manager Lead Asus Indonesia di sela acara peluncuran dua laptop seri Vivo ZenBook terbaru di kawasan Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (14/11/2019).

"Asus mendominasi pasar Indonesia sejak 2012 dengan pangsa pasar 42 persen untuk consumer notebook dan 60 persen untuk gaming," klaim Frank.

Meski demikian, Frank tidak menyebut secara rinci, notebook Asus seri apa yang paling berkontribusi terhadap besaran pangsa pasar tersebut.

Baca juga: 2 Laptop Asus ZenBook dengan CPU AMD Ryzen Meluncur di Indonesia

Namun, pertanyaan itu dijawab oleh Davina Larissa selaku Product Marketing Manager Asus Indonesia, di kesempatan yang sama.

"(Kontribusi) ZenBook itu sekitar 20 sampai 30 persen. Paling banyak (penyumbangnya) seri VivoBook," klaim Davina tanpa merinci berapa persen kontribusi seri VivoBook terhadap total pangsa pasar Asus.

Davina Larissa, Product Marketing Manager Asus Indonesia.KOMPAS.com/Bill Clinten Davina Larissa, Product Marketing Manager Asus Indonesia.
Untuk mempertahankan ambisi bisnis notebook Asus di Tanah Air, Devina menambahkan pihaknya berencana akan kembali meluncurkan produk terbarunya lagi sebelum 2020 datang.

Sementara untuk tahun depan, Devina sesumbar bakal terus memboyong aneka produk inovatif dari beragam seri dengan rentang harga bervariasi.

"Kemungkinan besar setiap tahun akan ada inovasi. Itu pasti konsisten, kalau tidak, bagaimana kita bisa jadi nomor satu?," jelas Devina.

Baca juga: Acer Luncurkan 5 Seri PC Laptop dan Desktop AIO Baru di Indonesia

Terkait pangsa pasar, sebelumnya di acara peluncuran seri VivoBook Ultra A412 dan K403 Juni lalu, Asus sendiri menargetkan pihaknya ingin menembus angka pangsa pasar lebih dari 50 persen sebelum 2019 rampung.

Artinya, masih ada waktu bagi Asus untuk mengejar sisa target 8 persen dari angka pangsa pasar, yang kini berada di 42 persen.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Laptop Asus VivoBook Ultra K403

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com