Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duo Asus ZenBook Terbaru yang Meluncur di Indonesia Jadi Versi Termurah

Kompas.com - 14/11/2019, 19:23 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asus baru saja memboyong dua notebook tipis seri ZenBook terbarunya, ZenBook UM431 dan ZenBook Flip UM462.

Kedua laptop ini merupakan seri ZenBook pertama yang dipersenjatai dengan prosesor AMD Ryzen generasi ketiga. Sebelumnya, seri ZenBook sendiri selalu hadir dengan prosesor bikinan Intel.

Tak hanya itu, kedua notebook ini pun sekaligus menjadi seri ZenBook yang paling terjangkau, jika dibandingkan dengan seri ZenBook lainnya yang biasanya dijual dengan harga berkisar Rp 15 - 30 jutaan.

ZenBook UM431 sendiri dibanderol dengan harga termurah Rp 10 juta, kemudian ZenBook Flip UM462 dijual dengan harga termurah Rp 11,3 juta.

Baca juga: 2 Laptop Asus ZenBook dengan CPU AMD Ryzen Meluncur di Indonesia

Lantas, apa alasan dibalik peluncuran produk seri ZenBook dengan harga terjangkau ini?

Davina Larissa, Product Marketing Manager Asus Indonesia.KOMPAS.com/Bill Clinten Davina Larissa, Product Marketing Manager Asus Indonesia.
Menurut Product Marketing Manager Asus Indonesia, Davina Larissa, peluncuran ZenBook teranyar ini merupakan upaya Asus untuk memperluas target pasar seri ZenBook, sekaligus memenuhi permintaan konsumen yang ingin produk premium dengan harga terjangkau.

"Kami ingin meraih segmen yang lebih muda. Untuk generasi ini, mungkin harga Rp 15 juta ke atas buat mereka berat. Jadi kami masuk dengan versi AMD yang harganya lebih terjangkau," kata Davina kepada KompasTekno di acara peluncuran ZenBook terbaru di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Davina pun melanjutkan, pengguna ZenBook kini sudah bergeser dari para pelaku bisnis dan profesional, ke generasi muda yang masih mengenyam bangku kuliah, berikut para fresh graduate dan konten kreator.

Tren laptop akan semakin tipis

Selain menyebut pergeseran pasar, Davina juga memprediksi bahwa 2020 nanti, para vendor laptop bakal berlomba-lomba untuk membuat aneka laptop yang mengedepankan aspek dimensi dan bobot.

Baca juga: Tren Laptop Tipis Akan Berlanjut Tahun Depan

"(Tahun depan), semua orang pasti akan lebih pilih (laptop) yang semakin enteng, bahkan semua kompetitor juga pasti akan buat laptop yang semakin tipis," kata Davina.

Permintaan pasar seperti ini pun menjadi tantangan tersendiri bagi pembuat laptop seri VivoBook ini.

Sebab, Davina menyebut Asus bakal punya pekerjaan rumah (PR) untuk menciptakan laptop tipis nan ringan, namun masih memiliki spesifikasi yang mumpuni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com