Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disney Plus Dikabarkan Bakal Hadir di Indonesia pada 2020, Harganya?

Kompas.com - 15/11/2019, 11:53 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan streaming video on-demand Disney Plus baru saja diluncurkan di beberapa negara, termasuk AS, Kanada, hingga Belanda.

Pesaing Netflix itu belakangan dikabarkan bakal menyapa pengguna di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, sekitar paruh kedua 2020.

Keterangan tersebut berasal dari dua sumber industri yang mengatakan bahwa Disney Plus akan hadir di India lewat layanan video streaming Hotstar yang dimiliki oleh Disney pada Mei tahun depan.

Baca juga: Disney Plus Resmi Dirilis, Layanan Video Streaming Pesaing Netflix

Tak lama setelahnya, Disney disebut akan memperluas cakupan layanan Hotstar yang berisi katalog produk Disney Plus ke Indonesia dan Malaysia.

Lewat layanan Hotstar inilah konsumen bakal menemukan beragam konten Disney Plus yang dibuat oleh studio-studio yang berada di bawah naungan Disney, sepeti Pixar, Marvel, 20th Century Fox, hingga National Geographic.

Di India, Hotstar merupakan layanan streaming yang menyediakan aneka konten video Bollywood dan beragam channel internasional seperti Showtime, HBO, hingga saluran TV milik Disney, ABC.

Lebih murah dari Netflix?

Berbicara kepada TechCrunch, sumber industri yang tak mau disebutkan identitasnya itu turut mengungkap bahwa, setelah menambah katalog Disney Plus, harga langganan Hotstar di India akan dinaikkan dari angka 14 dollar AS (Rp 197.000) per tahun saat ini.

Di negara-negara Asia Tenggara, Disney Plus yang tergabung dalam layanan Hotstar kemungkinan bakal mematok biaya langganan di atas 30 dollar AS (Rp 422.000) per tahun, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Jumat (15/11/2019).

Baca juga: Sehari Meluncur, Disney Plus Gaet 10 Juta Pelanggan

Ada kemungkinan harga langganan Disney Plus (lewat Hotstar) bakal lebih murah dibandingkan langganan Netflix di India yang dipatok sebesar 7 dollar AS (Rp 98.000) per bulan.

Sementara di Indonesia, Netflix diketahui menarik biaya langganan mulai Rp 109.000 per bulan untuk paket dasar.

Untuk wilayah Amerika Serikat di mana Disney Plus telah hadir, layanan itu mengenakan harga langganan mulai 7 dollar AS per bulan dan 70 dollar AS (Rp 987.000) per tahun.

Disney sendiri masih belum memberikan keterangan resmi soal rencana kemungkinan ekspansi Disney Plus ke India ataupun negara-negara Asia Tenggara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com