Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft xCloud Punya Lebih Banyak Game dibanding Google Stadia saat Dirilis

Kompas.com - 15/11/2019, 13:21 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pekan ini, Microsoft menggelar ajang tahunan X0 (X019) selama tiga hari (14 - 16 November) di London, Inggris untuk memberikan update perkembangan bisnis gaming yang ada di bawah payung Xbox.

Nah, di hari pertama, Microsoft memanfaatkan panggung X019 untuk menguak sejumlah informasi terkait perkembangan layanan game streaming yang tengah digodoknya, xCloud.

Microsoft sesumbar layanan gaming yang bisa dinikmati di ponsel maupun tablet itu bakal menyapa khalayak pada tahun depan. Jumlah game yang bakal dirilis juga lebih banyak dari Google Stadia saat dirilis.

"Harapan saya itu (xCloud) bakal tersedia secara umum pada 2020," kata Head of Gaming Microsoft, Phil Spencer sebagaimana dikutip KompasTekno dari TheVerge, Jumat (15/11/2019).

Baca juga: Microsoft Luncurkan Fitur Cloud Gaming Project xCloud untuk Xbox

Tak hanya itu, pihak Microsoft juga mengumumkan ada sekitar 50 game ekstra sebagai tambahan dari 5 game yang sudah bisa dimainkan oleh pengguna xCloud preview sejak Oktober lalu.

Sebagai informasi, layanan serupa milik Google, yakni Stadia, hanya memiliki katalog 12 game saat dirilis.

Beberapa game yang bisa dicicipi para pengguna xCloud beta ini mencakup aneka game populer seperti Madden NFL 20, Devil May Cry 5, Tekken 7Forza Horizon 4, dan masih banyak lagi. Daftar lengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Sayangnya, untuk saat ini xCloud versi preview sendiri hanya bisa dinikmati oleh pengguna Xbox yang berasal dari AS, Inggris, dan Korea.

Rencananya, xCloud versi preview ini bakal merambah ke beberapa kawasan lain, seperti Kanada, India, Jepang, dan kawasan Eropa Timur sekitar tahun depan. Kendati begitu, lagi-lagi, tidak disebutkan pula tanggal pastinya.

Bakal terintegrasi Xbox Game Pass dan dukung kontroller PS4

Selain informasi peluncuran berikut aneka game tambahan yang bisa dimainkan di xCloud, Pihak Microsoft turut mengonfirmasi bahwa tahun depan, layanan tersebut bakal terintegrasi dengan Xbox Game Pass (XGP).

Baca juga: Google Stadia Akan Hadir dengan 12 Game Perdana Ini

Dengan begitu, selain bisa dapat memainkan aneka game eksklusif yang tersedia di perpustakaan Microsoft, pelanggan XGP pun bisa bermain beragam game xCloud secara streaming lewat medium Windows 10 (PC).

Tak ketinggalan, dukungan stik game (kontroller) lain, di samping kontroller Xbox One, juga bakal ditambahkan untuk kemudahan pengguna.

Pihak Microsoft bahkan mengonfirmasi bahwa kontroller PS4 dan aneka kontroller Bluetooth bikinan Razer bakal bisa digunakan untuk memainkan xCloud pada 2020 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com