Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Langganan YouTube Music Premium Khusus Pelajar, Harga Lebih Murah

Kompas.com - 16/11/2019, 15:29 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - YouTube baru saja menghadirkan YouTube Music Premium ke Indonesia. Ini adalah layanan streaming lagu seperti Spotify. Di saat bersamaan, YouTube juga menghadirkan YouTube Premium untuk pengguna di Tanah Air.

YouTube Premium memungkinkan penggunanya mengakses video tanpa iklan, menikmati konten YouTube Originals, mengunduh video, dan memutar video secara picture in picture (PiP).

Untuk menikmati layanan YouTube Music maupun YouTube Premium, peminat bisa berlangganan dengan membayar biaya bulanan. Ada tiga paket yang bisa dipilih, yakni perorangan, keluarga, dan pelajar.

Baca juga: YouTube Music Meluncur di Indonesia, Bedanya dengan Spotify?

Paket pelajar menjadi paling paket murah di antara ketiganya. Sebagai perbandingan, harga paket pelajar YouTube Music adalah Rp 24.990, lebih murah dibanding paket individu Rp 49.000, maupun paket keluarga Rp 75.000.

Begitu pula untuk YouTube Premium, paket pelajarnya dipatok seharga Rp 34.990, lebih murah ketimbang harga paket individu Rp 59.000, dan paket keluarga Rp 89.000.

Perlu ditambahkan bahwa hanya pelajar yang identitasnya terverifikasi saja yang bisa berlangganan paket pelajar. YouTube menggandeng platform identitas marketing, SheerID untuk keperluan ini.

Bagaimana cara langganan paket pelajar di YouTube Music Premium dan YouTube Premium? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Langganan YouTube Music Premium untuk Pelajar

Proses berlangganan bisa dilakukan via YouTube versi desktop maupun mobile. Langsung saja menuju laman youtube.com/musicpremium/student, lalu pilih "dapatkan paket pelajar".

Selanjutnya, pengguna akan diarahkan menuju laman SheerID untuk mengisi identitas pelajar.
Jangan lupa tulis alamat e-mail sebelum menekan tombol kirim.

Baca juga: Langganan YouTube Music Premium Bisa dengan Potong Pulsa, Ini Caranya

Kemudian, pengguna akan diminta mengunggah salinan kartu pelajar atau dokumen lain yang dikeluarkan sekolah yang menerangkan bahwa pengguna terdaftar di sekolah tersebut. Format file yang didukung adalah JPEG, PDF, ONG, dan GIF.

YouTube menyarankan untuk menyembunyikan informasi rahasia apapun, seperti nomor Jaminan Sosial. Setelah diunggah dan dan data terverifikasi, pengguna akan diarahkan ke menu utama YouTube.

Cara berlangganan paket pelajar Youtube Music Premium.YouTube Cara berlangganan paket pelajar Youtube Music Premium.

Jika belum terverifikasi, maka YouTube akan meminta dokumen lain untuk diunggah sebagai penguat kelayakan. Dokumen akan ditinjau secara manual dan pengguna akan menerima e-mail berisi status kelayakan dalam waktu 48 jam.

Apabila kelayakan membutuhkan verifikasi tambahan, pengguna harus log in kembali ke akun yang digunakan. Setelah berhasil log in dan data kelayakan terkonfirmasi, buka foto profil, lalu pilih "langganan berbayar".

Baca juga: YouTube Music Versi Mobile Bisa Download, Versi PC Dukung PiP

Nantinya, pengguna akan melihat notifikasi untuk melanjutkan pendaftaran. Setelah proses pendaftaran selesai, pilih metode pembayaran yang ingin digunakaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com