Bocoran iPhone 12, dari Desain Baru, Empat Kamera, hingga Harga Mahal

Kompas.com - 17/11/2019, 08:25 WIB
Logo Apple di iPhone 11 Pro HotHardwareLogo Apple di iPhone 11 Pro
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.comApple baru saja merilis trio iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max bulan September lalu. Kini rumor soal ponsel pintar generasi berikutnya sudah mulai banyak beredar.

Sebagian di antara bocoran tersebut, seperti biasa, berasal dari analis Ming-Chi Kuo yang sering meramal calon produk-produk mendatang dari Apple.

Baca juga: iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max Resmi Masuk Indonesia 6 Desember

Berikut ini rangkumannya, sebagaimanan dihimpun KompasTekno dari TechSpot, Minggu (17/11/2019).

iPhone 12 tak punya "poni"?

Bagian "poni" alias notch pertama kali diperkenalkan lewat iPhone X pada 2017. Bingkai atas yang memuat komponen kamera depan dan pemindai wajah Face ID itu dilanjutkan pada jajaran iPhone Xs dan iPhone 11.

Namun, untuk iPhone 12, Apple kabarnya bakal menghilangkan bagian poni. Komponen-komponen Face ID disebut bakal ditempatkan di celah kecil antara bingkai atas dengan layar, berdekatan dengan earpiece. Adapun letak kamera depan belum diketahui.

Sumber bocoran lainnya menyebutkan bahwa iPhone 12 bakal tetap memiliki poni. Hanya saja, ukurannya mungkin lebih kecil, seperti tampak dalam gambar rekaan di bawah yang juga menampilkan empat kamera di punggung.

Sejumlah rumor mengatakan layar iPhone 12 akan hadir dalam tiga ukuran, yaitu 5,4 inci, 6,1 inci, dan 6,7 inci yang semuanya berpanel OLED dengan refresh rate mencapai 120 Hz layaknya ponsel gaming.

Baca juga: iPhone SE 2 Dikabarkan Meluncur di 2020, Spesifikasi Setara iPhone 11

Menariknya, disebutkan pula bahwa layar iPhone 12 bakal memiliki pemindai sidik jari terintegrasi sehingga mengembalikan fungsi Touch ID yang absen semenjak digantikan oleh Face ID.

Render iPhone 12 yang menampilkan poni lebih kecil dan empat kamera belakang.PhoneArena Render iPhone 12 yang menampilkan poni lebih kecil dan empat kamera belakang.

Empat kamera belakang, harga lebih mahal?

Lini iPhone 11 Pro menambah jumlah kamera dari sebelumnya dua buah menjadi tiga. Untuk iPhone 12, Apple diprediksi bakal menambah lagi angkanya hingga 4 kamera, sebanding dengan ponsel-ponsel flagship Android terkini.

Konfigurasinya kemungkinan terdiri dari kamera wide, ultra wide, telephoto, dan 3D Tof untuk efek bokeh.  Tak hanya itu, resolusi kamera utamanya pun kemungkinan bakal meningkat jadi 64 megapiksel dengan sensor Sony IMX686

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber TomsGuide
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X