Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesaing Spotify dari TikTok Dikabarkan Hadir di Indonesia Bulan Depan

Kompas.com - 18/11/2019, 11:01 WIB
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Perusahaan induk TikTok, ByteDance Technology Co Ltd, dikabarkan tengah menyiapkan layanan streaming musik berlangganan seperti Spotify dan YouTube Music. Layanan itu juga rencananya bakal dihadirkan di Indonesia.

ByteDance disebut tengah melakukan pembicaraan dengan sejumlah label musik papan atas seperti Universal Music, Sony Music, dan Warner Music, untuk keperluan penyediaan konten di layanan terkait.

Baca juga: YouTube Music Meluncur di Indonesia, Bedanya dengan Spotify?

Pembicaraan itu menyangkut kerja sama lisensi global untuk konten musik yang ada di bawah naungan label-label tersebut di atas.

Menurut laporan yang beredar, layanan streaming musik ByteDance ini akan hadir pada Desember 2019 dan diprioritaskan untuk pasar di negara berkembang, seperti India, Indonesia, dan Brasil.

Sumber yang familiar dengan isu ini menyebut selanjutnya ByteDance akan mengekspansi layanan streaming musik besutannya ke pasar yang lebih besar, seperti di Amerika Serikat (AS).

Lantas, apa bedanya layanan streaming musik besutan ByteDance dibanding Spotify atau YouTube Music?

Menurut laporan Financial Times yang dihimpun KompasTekno Senin (18/11/2019), karena menginduki TikTok, ByteDance kemungkinan ingin mengintegrasikan sejumlah layanannya.

Baca juga: Ini Dia Smartphone Pertama Bikinan TikTok

Karena itu, aplikasi musik on-demand buatan ByteDance nantinya boleh jadi bakal disertai pustaka video pendek yang bisa dicari dan disinkronkan dengan lagu yang sedang diputar.

Belum diketahui apa nama layanan musik on-demand bikinan ByteDance ini. Harga berlangganannya pun belum diumumkan, namun diprediksi bakal lebih murah dari Spotify, yang sebesar 10 dollar AS per bulan di Amerika Serikat. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.