Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merek China Kuasai 75 Persen Pasar Smartphone Indonesia

Kompas.com - 18/11/2019, 17:08 WIB

KOMPAS.com - Merek smartphone China masih mendominasi pasar ponsel di Indonesia. Menurut laporan firma riset IDC, vendor smartphone China menguasai 75 persen dari total pengiriman smartphone di Indonesia, pada kuartal III-2019.

Angka ini naik 7,7 persen dari kuartal sebelumnya. Sebelumnya pada kuartal II-2019, gabungan pangsa pasar vendor smartphone China mencapai 63 persen.

Dari lima besar vendor smartphone, empat di antaranya diisi oleh pabrikan ponsel China. Bahkan, dua terbesar pengapalan smartphone pada kuartal ini dikuasai Oppo dan Vivo yang berhasil menggeser vendor asal Korea Selatan, Samsung.

Baca juga: Alasan di Balik Tumbangnya Samsung oleh Oppo dan Vivo di Indonesia

Secara berurutan, pangsa pasar Oppo sebesar 26,2 persen, kemudian Vivo 22,8 persen, dan Samsung 19,4 persen.

"Ada tekanan yang tinggi dari vendor-vendor China, seperti Oppo, Vivo, Realme," jelas Risky Febrian, Analis Marketing IDC, menjawab salah satu alasan tergusurnya Samsung ke posisi tiga.

Realme yang notabene adalah pendatang baru lima besar vendor smartphone di Indonesia, mengalami pertumbuhan yang pesat tahun ini.

Realme naik satu peringkat dari kuartal sebelumnya dengan pangsa pasar 12,6 persen. Realme mengungguli pesaing senegaranya, Xiaomi dengan selisih sangat tipis, yakni 12,5 persen.

Baca juga: IDC: Oppo Peringkat Pertama Pasar Smartphone Indonesia Kuartal III 2019

Kebanyakan vendor ponsel China memang produktif menelurkan smartphone kelas menengahnya. Segmen itu tercatat tumbuh 11,1 persen.

Dilihat secara keseluruhan, pasar smartphone di Indonesia kuartal III-2019, sebenarnya sedang mengalami penurunan musiman sebesar 9,9 persen secara kuartal ke kuartal (QoQ). Angkanya turun dari 9,7 juta unit menjadi 8,8 juta unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.