Samsung Alihkan Produksi Sebagian Ponsel ke China, Bisa Turun Harga?

Kompas.com - 19/11/2019, 11:28 WIB
Pabrik Samsung SamsungPabrik Samsung

KOMPAS.com - Samsung bersaing ketat dengan para vendor ponsel asal China yang makin naik daun, terutama di segmen bawah.

Belakangan, setelah menutup pabriknya sendiri di China, perusahaan Korea Selatan itu dilaporkan meniru strategi para rivalnya tersebut, yakni dengan mengalihkan sebagian produksi ponsel ke Original Device Manufacturer (ODM) di Negeri Tirai Bambu.

Baca juga: Persaingan Keras, Pabrik Ponsel Terakhir Samsung di China pun Tutup

ODM dimaksud adalah perusahaan bernama Wingtech, kontraktor yang konon juga memproduksi beberapa merek smartphone China yang terkenal, seperti Oppo, Xiaomi, dan Huawei.

Strategi outsourcing macam demikian bisa menghemat ongkos produksi Samsung, apalagi jika kontraktor bisa memproduksi ponsel lebih cepat. ODM pun bisa mendapat pasokan komponen dengan harga lebih murah ketimbang pabrik brand.

Baca juga: VIK Pasar Mewah Ponsel Murah, Memahami Pasar Smartphone Indonesia

Bengan begitu, boleh jadi harga sebagian ponsel Samsung yang produksinya dialihkan ini bakal lebih murah supaya bisa bersaing dengan tawaran-tawaran vendor China di segmen budget.

Belum jelas model smartphone mana saja dari Samsung yang produksinya dialihkan ke Wingtech. Namun, menurut laporan Reuters yang dihimpun KompasTekno, Selasa (19/11/2019), ODM itu akan menangani manufaktur sejumlah ponsel dari seri Galaxy A.

Baca juga: Alasan di Balik Tumbangnya Samsung oleh Oppo dan Vivo di Indonesia

Jumlah pengapalan ponsel yang dibuat di China ini diprediksi bakal mencapai 60 juta unit, dari keseluruhan shipment Samsung pada 2020 sebesar 300 juta unit, Artinya, seperlima ponsel Samsung tahun depan akan dibuat oleh Wingtech.

Meski bisa memangkas biaya, pengalihan produksi ke ODM berpotensi menimbulkan masalah lain, terutama menyangkut pengawasan kualitas produk.

Namun, kepada Reuters, Samsung mengatakan bakal menerapkan standar dan kontrol kualitas yang sama untuk semua perangkatnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Reuters
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X