Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini TikTok Lebih Banyak Diunduh Dibanding Facebook dan Instagram

Kompas.com - 19/11/2019, 14:12 WIB
Reska K. Nistanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi jejaring sosial berbasis video pendek TikTok dilaporkan telah diunduh 1,5 miliar kali di gabungan kedua platform Android dan iOS, semenjak pertama kali dirilis.

Sementara, sepanjang 2019, TikTok telah diunduh sebanyak 614 juta kali. Jumlah itu naik 6 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Angka download tersebut menempatkan TikTok sebagai aplikasi non-gaming ketiga yang paling banyak diunduh, di belakang WhatsApp dan Messenger.

Baca juga: Pesaing Spotify dari TikTok Dikabarkan Hadir di Indonesia Bulan Depan

Menurut laporan Store Intelligence dari Sensor Tower, WhatsApp tetap menjadi aplikasi non-gaming pertama yang paling banyak diunduh dengan jumlah 707,4 juta download, sementara Messenger sebanyak 636,2 juta.

Laporan dari SensorTower dikutip KompasTekno, Selasa (19/11/2019), bahkan menyebut jumlah download TikTok sudah melampaui Facebook dan Instagram.

Facebook ada di peringkat keempat dengan angka unduhan 587 juta kali sepanjang 2019. Sementara, Instagram di posisi kelima dengan jumlah dwonlaod 376,1 juta kali.

TikTok Global Downloads dalam laporan SenSorTower.SensorTower TikTok Global Downloads dalam laporan SenSorTower.
TikTok sendiri telah melampaui 1 miliar total jumlah download pada Februari 2019 lalu. Artinya, hanya butuh 9 bulan bagi TikTok untuk mendapat 500 juta download.

India sendiri menjadi pasar terbesar TikTok, dengan jumlah unduhan 466,8 juta, atau sekitar 31 persen dari seluruh unique install.

Baca juga: Facebook Incar TikTok untuk Ditumbangkan?

China berada di posisi kedua dengan menyumbang 173,2 juta install, atau 11,5 persennya. Sementara AS menjadi pasar terbesar ketiga dengan total unduhan 123,8 juta, atau menyumbang 8,2 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com