Tahun Ini TikTok Lebih Banyak Diunduh Dibanding Facebook dan Instagram

Kompas.com - 19/11/2019, 14:12 WIB
Aplikasi TikTok IstAplikasi TikTok
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Aplikasi jejaring sosial berbasis video pendek TikTok dilaporkan telah diunduh 1,5 miliar kali di gabungan kedua platform Android dan iOS, semenjak pertama kali dirilis.

Sementara, sepanjang 2019, TikTok telah diunduh sebanyak 614 juta kali. Jumlah itu naik 6 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Angka download tersebut menempatkan TikTok sebagai aplikasi non-gaming ketiga yang paling banyak diunduh, di belakang WhatsApp dan Messenger.

Baca juga: Pesaing Spotify dari TikTok Dikabarkan Hadir di Indonesia Bulan Depan

Menurut laporan Store Intelligence dari Sensor Tower, WhatsApp tetap menjadi aplikasi non-gaming pertama yang paling banyak diunduh dengan jumlah 707,4 juta download, sementara Messenger sebanyak 636,2 juta.

Laporan dari SensorTower dikutip KompasTekno, Selasa (19/11/2019), bahkan menyebut jumlah download TikTok sudah melampaui Facebook dan Instagram.

Facebook ada di peringkat keempat dengan angka unduhan 587 juta kali sepanjang 2019. Sementara, Instagram di posisi kelima dengan jumlah dwonlaod 376,1 juta kali.

TikTok Global Downloads dalam laporan SenSorTower.SensorTower TikTok Global Downloads dalam laporan SenSorTower.
TikTok sendiri telah melampaui 1 miliar total jumlah download pada Februari 2019 lalu. Artinya, hanya butuh 9 bulan bagi TikTok untuk mendapat 500 juta download.

India sendiri menjadi pasar terbesar TikTok, dengan jumlah unduhan 466,8 juta, atau sekitar 31 persen dari seluruh unique install.

Baca juga: Facebook Incar TikTok untuk Ditumbangkan?

China berada di posisi kedua dengan menyumbang 173,2 juta install, atau 11,5 persennya. Sementara AS menjadi pasar terbesar ketiga dengan total unduhan 123,8 juta, atau menyumbang 8,2 persen.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X