Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Indonesia Luncurkan Kormo, Aplikasi Bursa Kerja Mirip LinkedIn

Kompas.com - 20/11/2019, 09:15 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan search engine Google meluncurkan aplikasi bursa kerja bernama Kormo. Aplikasi ini mirip LinkedIn yang menghubungkan pencari kerja dengan perusahaan.

Kormo sebenarnya sudah dirilis sejak bulan Maret lalu di Indonesia. Namun perusahaan yang ditawarkan masih di sekitar Jakarta. Google berencana memperluas mitra perekrutnya ke beberapa kota lain di Indonesia, seperti Yogyakarta, Surabaya, dan Bali.

"Kami telah terkoneksi dengan 25.000 pekerja dan bekerja sama dengan ratusan perusahaan di fase ini," jelas Bickey Russell, Project Lead Kormo dalam acara Google for Indonesia yang digelar di Jakarta, Rabu 20 November 2019.

Baca juga: Google Terjun ke Bisnis Perbankan lewat Cache

Beberapa perusahaan yang telah merapat ke Kormo di antaranya Bukalapak, Tiket.com, Go-life, Union Group, dan masih banyak lainnya. Ini bukan kali pertama Google menyediakan platform bursa kerja.

Sebelumnya, Google sudah memiliki fitur job search (lowongan kerja) di Google Search.
Namun, menurut Russell, fitur tersebut belum maksimal.

"Di banyak kasus, pekerjaan yang sesuai dengan kriteria mereka tidak tersedia di job search," imbuhnya.

Bickey Russell, Project Lead Kormo saat mempresentasikan aplikasi Kormo di Gogle for Indonesia.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Bickey Russell, Project Lead Kormo saat mempresentasikan aplikasi Kormo di Gogle for Indonesia.

Fitur-fitur Kormo

Kormo memiliki beberapa fitur lain yang disebut bisa semakin memudahkan pelamar dalam mencari kerja. Fitur-fitur ini pun menjadi pembeda Kormo dengan beberapa platform serupa.

1. Pembuat CV digital

Russel mengatakan salah satu hal vital dalam mencari pekerjaan adalah membuat curriculum vitae (CV). Sebab itulah, Google menyediakan fitur khusus untuk membuat CV secara mudah dan gratis.

Baca juga: Google Chrome Bakal Tandai Situs yang Lemot

Pelamar cukup mengisi data pribadi yang sebenar-benarnya dan mencantumkan misi serta minatnya. Pengguna bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat CV tersebut. Bahkan, CV bisa dibagikan secara online dan dicetak sehingga bisa dibawa saat proses berikutnya.

2. Personalisasi rekomendasi

Google menggunakan machine learning untuk memberikan rekomendasi pekerjaan. Rekomendasi yang diberikan akan disesuaikan dengan profil yang dicantumkan pelamar.

3. Fitur pembelajaran

Tidak hanya menyediakan lowongan pekerjaan, Kormo juga memiiki fitur "Pelajari" untuk membantu pelamar meningkatkan keahlian. Fitur ini menyediakan modul dalam bentuk artikel dan video.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com