Indonesia Kekurangan Talenta Digital, Kominfo Siapkan Beasiswa

Kompas.com - 20/11/2019, 19:02 WIB
Menkominfo Johnny Plate. KOMPAS.com/Bill ClintenMenkominfo Johnny Plate.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Plate mengatakan Indonesia masih kekurangan pasokan talenta digital.

Menurutnya, proyeksi talenta digital pada 2030-2035 masih belum sebanding dengan ketersediaan talenta digital saat ini.

"Proyeksi kebutuhan talenta digital pada 2030-2035 sekitar 113 juta, tapi kemampuan kami untuk menyediakan hanya 104 juta digital talent," ujar Johnny kepada KompasTekno, di sela acara peluncuran Asah Digital Facebook yang digelar di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

"Sehingga, jumlah digital talent tidak seimbang, dan kekurangan 9 juta," imbuh Johnny.

Untuk memastikan pasokan talenta digital Tanah Air tercukupi di masa depan, Johnny mengatakan bakal menyediakan setidaknya 50.000 beasiswa talenta digital kepada masyarakat Indonesia pada 2020 mendatang.

Baca juga: Kominfo Siapkan Beasiswa Digital untuk 50.000 Anak Muda pada 2020

Angka tersebut dua kali lipat lebih banyak dibandingkan program Digital Talent Scholarship yang digelar Kominfo tahun ini, dengan jumlah sekitar 25.000 beasiswa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski demikian, ia tidak menjelaskan lebih lanjut bagaimana mekanisme program scholarship tersebut.

Namun, ia mengatakan bahwa pihaknya bakal memprioritaskan program tersebut bagi para sarjana yang belum sempat mendapatkan pekerjaan agar dibekali dengan keahlian digital, berikut para calon sarjana yang masih duduk di bangku kuliah dan akan dihampiri oleh dunia pekerjaan.

Terlepas dari itu, Johnny berharap para pelaku industri digital di Indonesia, seperti Facebook, Google, hingga perusahaan digital lainnya, mencetak talenta digital lokal yang kompeten agar industri digital Tanah Air turut berkembang.

"Pemerintah tentu berharap industri digital ini nanti berkembang dan menciptakan lebih banyak lagi lapangan pekerjaan yang terukur dan cekatan," pungkas Johnny.

Baca juga: Facebook Luncurkan Asah Digital, Program Edukasi Internet di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.