Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"OK Google" Kini Bisa Pesan GoFood dan Cek Saldo BCA

Kompas.com - 20/11/2019, 19:36 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Fitur Google Assistant semakin kaya akan fitur baru. Google baru saja mengumumkan beberapa fitur baru yang bisa dilakukan si asisten virtual ini.

Salah satunya untuk memesan makanan melalui layanan Go Food di Gojek. Sebelumnya, Google Assisstant baru bisa digunakan untuk membuka aplikasi Gojek saja.

"Kami umumkan bahwa Google Assistant bisa digunakan untuk layanan lainnya di Gojek," jelas Nimesh Ranjan, Google Assistant Program & NBU Lead saat mempresentasikan fitur baru Google Assisstant di acara Google for Indonesia, Rabu (20/11/2019).

Ranjan pun lantas mendemonstrasikan fitur anyar tersebut dibantu rekannya, Effie Goenawan, Product Manager Google Assistant.

Baca juga: GoJek Klaim GoFood Jadi yang Terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara

Cara menggunakannya pun sama dengan perintah suara lainnya saat menggunakan Google Assistant, yakni dengan menekan dan menahan tombol home hingga muncul titik-titik warna-warni di bagian bawah layar.

Lantas, ucapkan "Ok Google, order (sebut makanan) di Gojek" maka pengguna akan langsung diarahkan ke layanan Go Food yang menampilkan beberapa tenant penjual makanan yang dimaksud. Pengguna cukup lanjutkan proses pemesanan seperti biasa.

"Selain memesan makanan dengan Go Food, Anda juga bisa menggunakan Google Assitant untuk Go Ride," jelas Evi sambil mendemonstrasikan Google Assistant untuk layanan Gojek.

Ia juga menerangkan bahwa pengguna bisa mengawasi status pesanan dengan mengatakan "OK Google, cek status order di Gojek".

Baca juga: Kirim Pesan WhatsApp dan Video Call dengan Perintah Suara, Begini Caranya

Tak cuma dengan Gojek, Google Assitant juga bisa digunakan untuk mengecek saldo di rekening Bank BCA dengan mengatakan "Ok Google, bicara dengan Bank BCA untuk cek saldo" kepada Google Assistant.

Nimesh Ranjan, Google Assistant Program & NBU Lead saat memperkenalkan beberapa fitur baru Google Assistant di acara Google for Indonesia.Wahyunanda Kusuma/Kompas.com Nimesh Ranjan, Google Assistant Program & NBU Lead saat memperkenalkan beberapa fitur baru Google Assistant di acara Google for Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Ranjan juga memperkenalkan fitur baru di Google Assistant untuk meningkatkan keamanan privasi pengguna.

"Anda sekarang bisa menghapus aktivitas perintah suara dengan mengucapkan "Ok Google, hapus percakapan saya pada Anda" atau "Ok Google, hapus semua percakapan suara minggu lalu".

Kemudian, Google Assistant akan memberikan konfirmasi langsung bahwa percakapan telah dihapus. Semua fitur ini sudah tersedia dalam pengaturan Bahasa Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com