Google Camera Punya "Bug" Berbahaya, Pengguna Diminta Update

Kompas.com - 21/11/2019, 15:21 WIB
Ilustrasi Google di ponsel ForbesIlustrasi Google di ponsel

KOMPAS.com - Sebuah celah keamanan ( bug) berbahaya kembali ditemukan. Kali ini, ada sebuah bug yang berkaitan dengan aplikasi Google Camera, aplikasi kamera buatan Google, yang bisa dipasang di ponsel Android.

Berdasarkan pihak yang menemukan bug ini, Checkmarx, celah keamanan tersebut diketahui muncul di aplikasi Google Camera di sejumlah ponsel Pixel besutan Google, hingga sederet perangkat Samsung.

Meski tak dirinci ponsel seri apa saja, namun Checkmarx meng-estimasi potensi jumlah ponsel yang terimbas mencapai ratusan juta, angka yang diklaim terbesar saat ini.

Sejatinya, celah keamanan dengan nama kode CVE-2019-2234 itu bisa mengizinkan aplikasi berbahaya masuk dan mengontrol aplikasi kamera dari jauh, mulai dari menjepret foto hingga merekam video.

Baca juga: Bug Bikin Baterai Samsung Galaxy S10 Cepat Terkuras

Tak hanya itu, aplikasi Google Camera yang disusupi tadi juga bisa mengakses kartu memori pengguna secara bebas, serta memantau lokasi pengguna berdasarkan data GPS (location tag) yang tercantum di dalam sebuah foto.

Uniknya, seluruh aktivitas tersebut dilakukan di balik layar secara diam-diam, tanpa pengguna sadar.

Diminta update

Meski berbahaya, pengguna tak perlu khawatir. Sebab, pihak Google dan Samsung sudah mengetahui adanya celah keamanan tersebut. 

Bahkan, Google pun mengonfirmasi bahwa pembaruan untuk menambal celah tersebut sudah disebarkan kepada para vendor ponsel sejak Juli lalu.

" Celah keamanan ini telah diatasi pada perangkat Google yang terkena dampak melalui pembaruan Play Store ke Aplikasi Google Camera pada Juli 2019," ujar pihak Google seperti dikutip KompasTekno dari Forbes, Kamis (21/11/2019).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Forbes
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X