Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Xiaomi Bikin Ponsel 5G di Pabrik Khusus

Xiaomi Dirikan Pabrik Khusus untuk Produksi Ponsel 5G

Kompas.com - 22/11/2019, 11:05 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Xiaomi agaknya mulai terlihat serius memproduksi ponsel dengan kemampuan jaringan 5G. CEO Xiaomi Lei Jun mengungkap bahwa perusahaannya saat ini tengah membangun sebuah pabrik khusus perangkat 5G.

Dalam acara World 5G Conference, Lei Jun mengatakan pabrik tersebut akan mampu memproduksi sebanyak 60 perangkat 5G setiap menit. Sehingga, diperkirakan akan ada lebih dari 30 juta unit ponsel yang diproduksi setiap tahun.

Baca juga: Chip 5G MediaTek Hadir di Ponsel Oppo, Vivo, dan Redmi Awal 2020?

Pabrik yang berada di kawasan Beijing Economic & Technical Development ini memiliki luas area sekitar 187.000 meter persegi. Pembangunannya dijadwalkan selesai pada akhir Desember mendatang.

Untuk tahap operasional pertama, pabrik Xiaomi bakal ditugaskan untuk memproduksi sebanyak 1 juta unit ponsel 5G, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (22/11/2019),

Dengan adanya pabrik khusus 5G terseut, Xiaomi berharap jadi lebih cepat dan efisien dalam menyiapkan stok perangkat untuk memenuhi kebutuhan pasar. Pabrikan asal China ini menargetkan bakal merilis lebih dari 10 model ponsel 5G pada 2020.

Baca juga: Chip 5G Snapdragon 865 dan Mediatek MT6885 Bakal Meluncur Berdekatan

Lebih lanjut, dalam acara World Internet Conference di Wuzhen, China, beberapa waktu lalu, Lei Jun mengatakan permintaan pasar terhadap ponsel dengan dukungan jaringan 5G telah melebihi perkiraan perusahaan.

Hal tersebut menurut Lei, turut memengaruhi rantai pasokan. Alhasil, dengan pertimbangan di atas, Lei mengungkap Xiaomi akan meluncurkan sejumlah ponsel 5G dari beberapa segmen harga yang berbeda mulai dari kelas atas, menengah, hingga bawah.

Beberapa bulan lalu, Xiaomi merilis Xiaomi Mi 9 Pro yang jadi ponsel 5G pertama yang dijual di kawasan China. Pada Februari lalu Xiaomi juga memperkenalkan Mi Mix 3 versi 5G dalam perhelatan Mobile World Congress 2019 di Barcelona, Spanyol.

Baca juga: Dari Samsung hingga Oppo, Ini Deretan Ponsel 5G yang Hadir di 2019

Selain Xiaomi, sejumlah vendor smartphone lain juga diramalkan akan mulai banyak memproduksi ponsel dengan kemampuan jaringan 5G. Teknologi 5G disebut akan semakin banyak diadopsi oleh perangkat Android tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com