Google Assistant Punya Kemampuan Baru, Bisa Bacakan Berita ke Pengguna

Kompas.com - 22/11/2019, 12:29 WIB
Ilustrasi Google Assistant di ponsel KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi Google Assistant di ponsel
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

 

KOMPAS.com - Google menyematkan sebuah fitur pada layanan Google Asssistant bernama "Your News Update". Fitur ini memungkinkan sang asisten digital membacakan berita untuk pengguna melalui suara layaknya pembawa berita di TV atau radio.

Pengguna Google Assistant pun bisa mendengar berita sembari beraktivitas atau berolahraga, misalnya.

Agar layanan Google ini bisa dimanfaatkan untuk mendengar berita, pengguna perlu mengaktifkan opsi "News playlist format" di menu pengaturan Google Assistant yang terpampang di tab "News".

Baca juga: Google Maps Punya Fitur Anti-kesasar dan Rekomendasi Tempat Makan

Kemudian, Assistant akan menyuguhi serangkaian penerbit yang bekerja sama dengan Google. Ada beberapa situs berita ternama yang bisa dipilih, seperti Reuters, Wired, CNN, hingga The Washington Post.

Untuk menjajalnya, pengguna cukup mengatakan sebuah kalimat untuk memerintah Google.Misalnya, pengguna bsa mengatakan "Hey Google, bacakan berita untukku," atau "Apa berita terbaru hari ini ?" dan sebagainya.

Kemudian, Google Assistant pun lantas bisa langsung membacakan berita dari aneka sumber yang telah dipilih.

Fitur Your News Update pada Google AssistantAndroidPolice Fitur Your News Update pada Google Assistant

Berita yang dibacakan berkisar seputar topik yang memang diminati pengguna dan dipilih oleh Google berdasarkan lokasi tempat tinggal, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidPolice, Jumat (22/11/2019).

Jika pengguna doyan mencari berita olahraga, seperti skor pertandingan bola, misalnya, maka Google akan berusaha membacakan berita lokal dengan topik demikian yang tersedia di sumber terpilih tadi.

Baca juga: Mesin Pencari Google Bakal Makin Pintar dalam Memahami Maksud Pengguna

Sayangnya, pengguna Google Assistant di Indonesia masih belum bisa menikmati fitur ini lantaran baru hanya tersedia di AS saja. Belum diketahui kapan fitur tersebut menyambangi pengguna kawasan lain.

Namun, beredar spekulasi bahwa fitur ini bakal digelontorkan Google di kawasan lain pada 2020. Kita tunggu saja.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X