Gus Dur "Bicara" di Pameran Disrupto 2019

Kompas.com - 22/11/2019, 18:12 WIB
Layar besar yang menampilkan lukisan Gus Dur yang hidup di pameran Disrupto 2019. KOMPAS.com/Bill ClintenLayar besar yang menampilkan lukisan Gus Dur yang hidup di pameran Disrupto 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada yang menarik di momen pembukaan pameran kecerdasan buatan ( AI) Disrupto 2019.

Gelaran teknologi ini dibuka oleh Presiden ke-4 RI, KH Abdurrahman Wahid ( Gus Dur) yang "hadir" bersama putrinya yang berdiri di atas panggung, Yenny Wahid. Bagaimana bisa?

Sebenarnya, Gus Dur tampil dalam bentuk lukisan. Namun, teknologi Augmented Reality ( AR) membuatnya menjadi "hidup" kembali.

Tak banyak yang Gus Dur katakan. Ia hanya mengucapkan selamat atas ajang Disrupto yang digelar tahun ini.

Baca juga: Instagram Punya Fitur AR untuk Menjajal Lebih Dulu Barang yang Dijual

"Tuhan Yang Maha Esa telah memberikan keragaman yang sangat besar dalam beragama, dalam berasal-usul etnik, dan sebagainya," kata Gus Dur di panggung utama Disrupto 2019 di Plaza Indonesia, Jakarta, Jumat (22/11/2019).

"Atas dasar itulah saya mengucapkan selamat kepada Anda dalam forum (Disrupto) ini," imbuhnya.

Teknologi Augmented Reality (AR) buatan AR&Co digunakan untuk membuat lukisan Gus Dur, bisamenggerakkan bibirnya, seolah-olah berbicara. Terlepas dari itu, bukan tanpa alasan kedua figur ini tampil di panggung Disrupto.

Yenny mengaku, ayahnya memiliki visi tentang kemajuan Indonesia yang mengedepankan perspektif humanisme, sejalan dengan pandangan hidupnya.

Baca juga: Google Maps Bakal Pandu Jalan Pakai Augmented Reality

Visi tersebut, menurut Yenny, kemudian relevan dengan tema Disrupto kali ini, berikut tantangan yang sedang dihadapi Indonesia di tengah kemajuan teknologi yang serba pintar.

Disrupto 2019 sendiri membawa tema "The Future of Humanity" yang memamerkan kemajuan teknologi di ranah Artificial Intelligence ( AI), Augmented Reality ( AR), hingga Virtual Reality ( VR) dan manfaatnya bagi kehidupan manusia.

Disrupto 2019 akan digelar selama 3 hari, mulai 22 - 24 November 2019, di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X