Fitur Two-Factor Authentication Twitter Kini Tak Butuh Nomor Ponsel

Kompas.com - 24/11/2019, 15:01 WIB
Ilustrasi Twitter IstIlustrasi Twitter

KOMPAS.com - Pengguna Twitter yang ingin mengamankan akunnya dengan autentikasi dua langkah (2 factor authentication), kini bisa melakukannya tanpa harus menyerahkan nomor ponsel.

Sebelumnya, autentikasi dua langkah yang dimiliki Twitter mengharuskan pengguna menyerahkan data nomor ponsel mereka. Kini, pengguna bisa menggunakan fitur keamanan tambahan berupa kode login di perangkat baru.

Hal itu diketahui dari akun resmi Twitter Safety.

Kode tersebut tidak dikirimkan melalui jaringan seluler SMS (SIM swapping) seperti sebelumnya, melainkan menggunakan aplikasi autentikasi atau security key yang banyak tersedia di toko aplikasi.

Beberapa aplikasi yang bisa dicoba adalah Google Authenticator, Authy, Duo Mobile, dan 1Password.

Pengguna mesti mengunduh aplikasi tersebut secara terpisah di Google Play Store atau Apple App Store, kemudian menghubungkannya dengan akun Twitter.

Pengguna yang telah memasukkan nomor telepon sebagai cara autentikasi dua langkah kini juga bisa menghapus nomor ponsel tersebut.

Caranya, buka menu Settings di aplikasi atau website Twitter, lalu klik Account. Dari situ, tap nomor telepon dan pilih opsi hapus (delete).

Baca juga: Reply di Twitter Kini Bisa Disembunyikan, Begini Caranya

Sebelumnya sempat ada masalah di Twitter terkait keamanan Two-Factor Authentication dengan kode yang dikirimkan lewat SMS. Akun CEO Twitter Jack Dorsey diketahui sempat diretas dengan menggunakan celah keamanan SIM swapping.

Masalah ini yang akhirnya diperbaiki Twitter dengan menghadirkan metode keamanan tambahan Two-Factor Authentication, tanpa memerlukan input data nomor ponsel.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Twitter
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X