Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Two-Factor Authentication Twitter Kini Tak Butuh Nomor Ponsel

Kompas.com - 24/11/2019, 15:01 WIB
Reska K. Nistanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Twitter

KOMPAS.com - Pengguna Twitter yang ingin mengamankan akunnya dengan autentikasi dua langkah (2 factor authentication), kini bisa melakukannya tanpa harus menyerahkan nomor ponsel.

Sebelumnya, autentikasi dua langkah yang dimiliki Twitter mengharuskan pengguna menyerahkan data nomor ponsel mereka. Kini, pengguna bisa menggunakan fitur keamanan tambahan berupa kode login di perangkat baru.

Hal itu diketahui dari akun resmi Twitter Safety.

Kode tersebut tidak dikirimkan melalui jaringan seluler SMS (SIM swapping) seperti sebelumnya, melainkan menggunakan aplikasi autentikasi atau security key yang banyak tersedia di toko aplikasi.

Beberapa aplikasi yang bisa dicoba adalah Google Authenticator, Authy, Duo Mobile, dan 1Password.

Pengguna mesti mengunduh aplikasi tersebut secara terpisah di Google Play Store atau Apple App Store, kemudian menghubungkannya dengan akun Twitter.

Pengguna yang telah memasukkan nomor telepon sebagai cara autentikasi dua langkah kini juga bisa menghapus nomor ponsel tersebut.

Caranya, buka menu Settings di aplikasi atau website Twitter, lalu klik Account. Dari situ, tap nomor telepon dan pilih opsi hapus (delete).

Baca juga: Reply di Twitter Kini Bisa Disembunyikan, Begini Caranya

Sebelumnya sempat ada masalah di Twitter terkait keamanan Two-Factor Authentication dengan kode yang dikirimkan lewat SMS. Akun CEO Twitter Jack Dorsey diketahui sempat diretas dengan menggunakan celah keamanan SIM swapping.

Masalah ini yang akhirnya diperbaiki Twitter dengan menghadirkan metode keamanan tambahan Two-Factor Authentication, tanpa memerlukan input data nomor ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Twitter
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com