Ciri-ciri ASN yang Bakal Dijadikan "Influencer" Pemerintah di Medsos

Kompas.com - 27/11/2019, 09:25 WIB
Ilustrasi media sosial shutterstockIlustrasi media sosial
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan Aparatur Sipil Negara ( ASN) yang aktif di medsos akan diberdayakan sebagai “ influencerpemerintah.

Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan fungsi Kementerian Kominfo sebagai government public relations pemerintah, dengan cara menguatkan penyebaran informasi terkait program dan prestasi yang diraih.

Baca juga: Kominfo: KPI Tak Bisa Awasi YouTube dan Netflix

Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan, kriteria yang paling penting agar ASN bisa dijadikan influencer adalah aktif di media sosial dan memiliki jumlah pengikut minimal 500 orang.

Followers di Instagram dan Twitter minimal 500 orang. Kalau di Facebook, minimal temannya 500 orang juga,” kata Ferdinandus dalam acara media gathering yang berlangsung di Bogor, awal pekan ini (25/11/2019),

Nantinya, ASN yang terpilih akan diberi badge khusus untuk menandakan bahwa ia adalah seorang influencer. Dia juga akan diundang ke acara-acara yang digelar oleh pemerintah.

Baca juga: Kominfo Terima Puluhan Aduan Soal Radikalisme di Kalangan ASN

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo, Prof. DR. Widodo Muktiyo, mengatakan ASN yang aktif di media sosial dan memiliki jumlah follower yang besar bakal mendapat wewenang khusus untuk menyebar informasi terkait program pemerintah kepada khalayak.

"Setelah perkembangan industri 4.0 ini arahnya ke mana-mana, karena orang bisa sebarkan konten di mana-mana. IKP jadi badan koordinasi humas Indonesia, kita ini simpulnya di Kominfo,” ujar Widodo.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X