Menengok Bukit Tempat Telkomsel Dilahirkan

Kompas.com - 28/11/2019, 14:22 WIB
|
Editor Oik Yusuf

BATAM, KOMPAS.com - Bukit Dangas adalah lokasi bersejarah untuk Telkomsel. Dari bukit yang terletak di sisi utara Pulau Batam inilah, operator seluler pelat merah tersebut memancarkan sinyal untuk pertama kalinya pada 1995.

Baca juga: Jadi Dirkeu Pertamina, Emma Sri Martini Lepas Jabatan Dirut Telkomsel

Menara pemancar sinyal (Base Transceiver Station, BTS) pertama Telkomsel dibangun di puncak bukit Dangas. Telkomsel kini telah menjelma jadi operator seluler terbesar di Indonesia dengan 170 juta pelanggan. 

"Bukit Dangas ini salah satu lokasi historis, karena menjadi cikal bakal Telkomsel lahir," kata Natkia, Supervisor Radio, Transport, and Power Operation Batam Telkomsel dijumpai KompasTekno, Kamis (28/11/2019).

Peresmian tower Telkomsel pertama itu ditandai lewat seremoni yang dihadiri oleh Menristek saat itu, Prof. Dr. BJ Habibie.

Kini, 24 tahun kemudian saat KompasTekno mengunjungi lokasi tersebut, menara setinggi 75 meter itu masih nampak terawat, dengan berbagai antena BTS yang terpasang.

Pada mulanya, tower BTS pertama Telkomsel itu hanya memancarkan sinyal 2G saja, dan sifatnya masih berupa percobaan, belum komersil.

Baca juga: Telkomsel Kini Sejajar dengan Perusahaan Internasional Dunia

Menara tersebut kini memiliki BTS yang memancarkan sinyal 2G, 3G, dan 4G. "Ini juga menjadi BTS paling modern, mendukung teknologi 4G MiMo," kata Natkia.

Bukit Dangas kini juga menjadi salah satu tempat wisata di Batam yang "Instagrammable", dengan landmark ikoniknya, Tebing Langit. Pehobi sepeda gunung downhill juga menjadikan Bukit Dangas sebagai lokasi favorit.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

KompasTekno jadi saksi uji coba jaringan trial 5G Telkomsel di Batam nih. Sekenceng ini enaknya buat download apa aja ya? ????

A post shared by Kompas Tekno (@kompas.tekno) on Nov 28, 2019 at 1:44am PST

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.