Telkomsel Pamer Contoh Implementasi Jaringan 5G untuk Industri

Kompas.com - 28/11/2019, 18:33 WIB
VP Technology and System Telkomsel Indra Mardiatna (kiri) menjelaskan contoh implementasi jaringan 5G untuk keperluan industri di kantor Telkomsel di Batam, Kamis (28/11/2019). KOMPAS.com/ RESKA KOKO NISTANTOVP Technology and System Telkomsel Indra Mardiatna (kiri) menjelaskan contoh implementasi jaringan 5G untuk keperluan industri di kantor Telkomsel di Batam, Kamis (28/11/2019).
|
Editor Oik Yusuf

BATAM, KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel memamerkan berbagai use case atau kegunaan jaringan 5G. Berbagai contoh kegunaan dan layanan yang menggunakan jaringan 5G ditunjukkan di kantornya di Batam, Kamis (28/11/2019).

Berbagai contoh penggunaan jaringan 5G yang didemokan oleh Telkomsel, mayoritas ditujukan untuk kebutuhan industri. Teknologi jaringan seluler generasi kelima ini diharapkan bisa mendukung wacana industri 4.0.

Baca juga: Menengok Bukit Tempat Telkomsel Dilahirkan

"Ini akan memberikan lompatan kepada indonesia dalam mempercepat efisiensi dan produktivitas," kata Acting CEO Telkomsel Heri Supriadi.

Uji coba jaringan 5G ini dilakukan Telkomsel di frekuensi 2,8 GHz, di jaringan yang disediakan oleh Ericsson.

Sementara, Dirjen SDPPI Kominfo, Ismail yang juga hadir dalam acara menitikberatkan pada bagaimana teknologi 5G ini bisa membantu Indonesia mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya.

"Sehingga, cost dari sisi infrastruktur bisa ditutupi oleh multiply effect seperti dari faktor ekonomi," tutur Ismail.

Berbagai contoh penggunaan jaringan 5G yang dipamerkan Telkomsel antara lain drone sebagai smart air patrol.

Baca juga: Indonesia Berpotensi Jadi Pengguna 5G Terbesar di ASEAN

Menggunakan jaringan 5G, drone dapat dioperasikan dari jarak jauh dan dapat dimonitor secara langsung dengan video berkualitas HD serta AI untuk melacak objek.

Drone dalam hal ini digunakan sebagai smart surveillance di lokasi krusial seperti kompleks industri, manufaktur, pemerintahan, kemiliteran, pelabuhan, dan bandar udara.

Jaringan 5G mampu mengirim data visual dengan latency rendah memungkinkan live-streaming dalam resolusi HD, mempermudah integrasi antara HD video streaming dengan kecerdasan buatan.

Baca juga: Jadi Dirkeu Pertamina, Emma Sri Martini Lepas Jabatan Dirut Telkomsel

Selain itu, ada pula teknologi seamless gaming untuk industri kreatif, di mana kemampuan throughput 5G yang tinggi memungkinkan streaming video game berkualitas HD secara live dengan koneksi latency rendah, sehingga bebas lag.

Jaringan 5G juga membuka peluang baru untuk sektor industri di Indonesia lewat kemampuan throughput yang tinggi serta koneksi dengan latency rendah.

Ini memungkinkan adanya konektivitas antar perangkat, mesin, sensor, kendaraan serta objek-objek lainnya secara wireless, seperti dalam solusi-solusi industry 4.0 enabler.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

KompasTekno jadi saksi uji coba jaringan trial 5G Telkomsel di Batam nih. Sekenceng ini enaknya buat download apa aja ya? ????

A post shared by Kompas Tekno (@kompas.tekno) on Nov 28, 2019 at 1:44am PST

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X