Kominfo Ungkap Tiga Opsi Frekuensi untuk 5G di Indonesia

Kompas.com - 28/11/2019, 20:17 WIB
Ilustrasi 5G SHUTTERSTOCKIlustrasi 5G
|
Editor Oik Yusuf

BATAM, KOMPAS.com - Untuk memberikan layanan jaringan 5G yang optimal, operator seluler membutuhkan tiga lapis jaringan alias spektrum frekuensi.

Hal itu disampaikan oleh Dirjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo), Ismail di sela-sela acara uji coba jaringan 5G Telkomsel di Batam, Kamis (28/11/2019).

" Frekuensi 5G itu harus lengkap, harus ada tiga layer, lower band, middle band, dan upper band," kata Ismail.

Baca juga: Telkomsel Pamer Contoh Implementasi Jaringan 5G untuk Industri

Indonesia sendiri, menurut Ismail sudah memiliki opsi-opsi frekuensi yang akan digunakan dalam setiap lapisan jaringan tersebut. Ketiga frekuensi itu masuk dalam rekomendasi ITU sesuai hasil World Radiocommunication Conference 2019 lalu.

"Alhamdulillah, kemarin di setiap layer, Indonesia punya opsinya, baik untuk menerapkan di lower band, middle band, dan upper band," jelas Ismail.

Opsi-opsi frekuensi itu ada yang benar-benar sudah free (kosong) dan bisa segera digunakan, namun ada pula yang butuh upaya sebelum bisa dipakai karena sudah dipakai untuk keperluan lain, seperti satelit dan TV digital.

Adapun opsi-opsi frekuensi yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Di upper band,  Indonesia memiliki frekuensi 26 GHz. Frekuensi ini masih kosong dan menjadi kandidat kuat untuk implementasi 5G, jika ingin segera dikomersilkan.

Baca juga: Menkominfo Johnny Plate Komentari Persiapan 5G di Indonesia

Di middle band, Indonesia memiliki dua opsi frekuensi, yakni 2,6 GHz dan 3,5 GHz. Keduanya saat ini sudah dipakai untuk koneksi satelit, penggunanya seperti Indovision dan BRI.

Sementara di lower band, ada dua opsi pula, yaitu 700 MHz dan 800 MHz.

Frekuensi 700 MHz saat ini masih dipakai untuk siaran TV analog, yang rencananya akan dimigrasi menjadi digital. Untuk menerapkan 5G di frekuensi ini, Kominfo menunggu UU Penyiaran disahkan lebih dahulu.

Sementara, di frekuensi 800 MHz, setelah dilakukan penataan ulang atau refarming pada April 2019 lalu, kini frekuensi tersebut dipakai untuk layanan 4G operator seluler.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

KompasTekno jadi saksi uji coba jaringan trial 5G Telkomsel di Batam nih. Sekenceng ini enaknya buat download apa aja ya? ????

A post shared by Kompas Tekno (@kompas.tekno) on Nov 28, 2019 at 1:44am PST

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X