Menjajal Oppo Reno 5G Menggunakan Internet 5G Telkomsel

Kompas.com - 29/11/2019, 17:02 WIB
Oppo Reno 5G yang dipamerkan Oppo di Batam, dalam uji coba jaringan 5G Telkomsel, Kamis (29/11/2019). KOMPAS.com/Reska K. NistantoOppo Reno 5G yang dipamerkan Oppo di Batam, dalam uji coba jaringan 5G Telkomsel, Kamis (29/11/2019).
|
Editor Oik Yusuf

BATAM, KOMPAS.com - Di sela uji coba jaringan 5G yang dilakukan Telkomsel di Batam, vendor ponsel Oppo mencuri perhatian dengan memamerkan smartphone Reno yang telah mendukung teknologi jaringan seluler generasi kelima itu.

Menurut PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, Reno 5G memiliki spesifikasi identik dengan Reno 10x Zoom yang sudah dijual di Indonesia pada Juni 2019 lalu.

Baca juga: Telkomsel Uji Video Call Menggunakan Jaringan 5G di Batam

"Bedanya di Reno 5G, chipset-nya sudah dipasangi modem Snapdragon X50, jadi bisa 5G," ujar Aryo kepada Kompastekno, Kamis (29/11/2019).

Dengan modem tersebut, Aryo mengatakan Oppo Reno 5G pun bisa tersambung ke jaringan 5G di frekuensi 3,5 GHz. Ponsel  ini pula yang dipakai Telkomsel untuk melakukan uji coba video call di jaringan 5G.

Jaringan sinyal 5G Telkomsel di ponsel Oppo.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Jaringan sinyal 5G Telkomsel di ponsel Oppo.

Saat KompasTekno mencoba memegang Oppo Reno 5G, memang terlihat tidak ada perbedaan desain fisik dengan Oppo Reno 10x Zoom, termasuk dimensi ponsel.

Baca juga: Kominfo Ungkap Tiga Opsi Frekuensi untuk 5G di Indonesia

Kamera depan model pop-up dengan modul berbentuk "sirip hiu" pun tetap hadir di Reno 5G. Modul yang menjadi ciri khas seri Reno ini menyembul ke atas ketika perangkat dipakai mengobrol lewat video conferencing, seperti tampak dalam gambar di bawah.

Kamera depan dengan konsep shark fin pop-up, menjadi ciri khas ponsel Oppo Reno.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Kamera depan dengan konsep shark fin pop-up, menjadi ciri khas ponsel Oppo Reno.
Sementara di punggung, nampak tiga kamera yang sesuai spesifikasi Reno 10x Zoom, masing-masing adalah 48 megapiksel f/1,7 (wide); 13 megapiksel f/3.0 (telephoto); dan 8 megapiksel f/2.2 (ultra-wide).

Tampak punggung Oppo Reno 5G dengan tiga kamera belakang.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Tampak punggung Oppo Reno 5G dengan tiga kamera belakang.
Oppo sendiri telah memasarkan Oppo Reno versi dan Oppo Reno 10x Zoom di Indonesia. Keduanya masing-masing dijual dengan harga Rp 8 juta dan Rp 13 juta pada saat peluncurannya beberapa waktu lalu.

Baca juga: Video: Seperti Apa Hasil Foto Zoom 10X Oppo Reno?

Ke depan, Aryo mengaku Oppo sudah siap memproduksi perangkat-perangkat yang mendukung jaringan 5G. "Tentunya setelah adanya aturan baku mengenai peredaran perangkat 5G (di Indonesia)," ujarnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

KompasTekno jadi saksi uji coba jaringan trial 5G Telkomsel di Batam nih. Sekenceng ini enaknya buat download apa aja ya? ????

A post shared by Kompas Tekno (@kompas.tekno) on Nov 28, 2019 at 1:44am PST

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X