Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Tawarkan Hadiah Rp 14 Miliar untuk Membobol Smartphone Pixel

Kompas.com - 30/11/2019, 16:07 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Dalam program bug bounty yang digelarnya, Google belakangan menaikkan jumlah reward untuk hacker yang bisa membobol smartphone Pixel. Jumlah iming-iming hadiahnya kini mencapai 1 juta dollar AS atau sekitar Rp 14 miliar

Syaratnya, sang peretas mesti menemukan cara untuk melakukan "remote code execution" yang bisa memberikan akses berkesinambungan ke perangkat Pixel 3 atau Pixel 4.

Dengan kata lain, lomba meretas itu dibuat Google untuk membuktikan serta menguji kemampuan chip keamanan Titan M yang ditanamkan pada ponsel Pixel miliknya.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL

Chip keamanan tersebut pertama kali dibenamkan oleh Google pada Pixel 3 yang dirilis tahun 2018 lalu. Chip ini kemudian kembali hadir pada Pixel 4 yang belum lama ini diperkenalkan.

Titan M berperan menghadang upaya peretasan yang dilakukan terhadap perangkat ponsel Pixel 3 atau Pixel 4, seperti dengan mencegah loading malware dan mengamankan informasi password.

Selain itu, seperti dihimpun KompasTekno dari Forbes, Sabtu (30/11/2019), Google turut menawarkan hadiah hingga 1,5 juta dollar AS (Rp 21 miliar) untuk hacker yang bisa menemukan celah keamanan di OS Android versi developer preview.

Baca juga: Kamera Pixel 4 Belum Mampu Tekuk Huawei Mate 30 Pro di DxOMark

Google turut mengumumkan sejumlah kategori baru dalam Android Security Rewards Program yang telah digulirkan sejak tahun 2015 lalu. Hadiahnya mencapai kisaran 500.000 dollar AS atau sekitar Rp 7 miliar.

Sejauh ini di 2019, Google sudah menggelontorkan uang hadiah sebesar 1,5 juta dollar AS untuk program bug bounty. Dalam empat tahun terakhir Google setidaknya telah merogoh kocek lebih dari 4 juta dollar AS untuk program tersebut.

Google memberikan rata-rata lebih dari 15.000 dollar AS (Rp 210 juta) untuk peretas yang berhasil membobol sistem keamanan dari produk-produk miliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com