Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat 2019 Best Nine Instagram

Kompas.com - 02/12/2019, 15:26 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap akhir tahun, para pengguna Instagram kerap memamerkan 9 foto dengan jumlah like terbanyak yang dibuat menjadi kolase dalam satu gambar. Kolase tersebut kerap dilabeli dengan tagar #bestnine yang menandakan sebagai sembilan foto terbaik milik pengguna.

Postingan "best nine" tersebut kini tampaknya sudah bisa kembali dibuat oleh pengguna Instagram. Untuk membuat postingan "best nine" ini, pengguna tentu saja membutuhkan aplikasi atau layanan pihak ketiga.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat rangkuman foto tersebut adalah Topnine.co. KompasTekno pun turut mencoba membuat kolase foto #2019BestNine menggunakan Topnine.co. 

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk membuat kolase foto melalui aplikasi Topnine. Pertama dengan mengunjungi halaman topnine.co melalui browser, atau kedua, dengan menggunakan aplikasi Android yang bisa diunduh di sini dan aplikasi untuk iOS yang bisa diunduh di sini.

Ketika masuk ke dalam situs atau aplikasi topnine.co melalui browser, pengguna cukup memasukkan username (ID) Instagram dan menekan tombol "continue". 

Pada halaman berikutnya, pengguna akan diminta untuk memasukkan alamat e-mail pengguna yang aktif. Setelah itu cukup klik tombol "Find My Top Nine".

Ilustrasi membuat best nine Instagram di topnine.co.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi membuat best nine Instagram di topnine.co.
Tak butuh waktu lama, topnine.co pun akan menampilkan 9 foto dengan jumlah "like" terbanyak.

Baca juga: Bikin Penasaran, Bagaimana Instagram Pilih Foto di Tab Explore?

Kolase disusun berdasarkan popularitasnya. Dari pojok kiri atas ditempelkan foto dengan like terbanyak, hingga di ujung kanan bawah yang paling sedikit di antara sembilan foto.

Tercantum pula beberapa informasi tambahan terkait kolase tersebut, seperti jumlah "like" pada 9 foto tersebut, serta jumlah rata-rata "like" per foto.

Pengguna dapat menyimpan foto hasil kolase tersebut di galeri ponsel dengan menekan tombol "Save to Photos". Atau, pengguna juga bisa langsung memamerkannya di Instagram (lewat Stories atau Feed) dengan menekan tombol "Share on Instagram".

Perlu dicatat, topnine.co hanya merangkum foto yang diunggah pada tahun 2019 saja.

Artinya, di foto yang dipublikasi tahun 2018 tak akan diikutsertakan dalam kolase, meski jumlah "like" foto tersebut lebih banyak dibandingkan foto yang diunggah pada 2019.

Selain itu perlu diingat, Topnine.co versi web hanya dapat menampilkan kolase foto dari akun yang profilnya tidak dikunci.

Baca juga: Penipuan Kacamata Ray Ban di Instagram Menjalar ke Indonesia

Hapus email setelah digunakan

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti masalah privasi dan keamanan, sebaiknya pengguna segera menghapus e-mail yang digunakan di topnine.co jika sudah mengunduh kolase foto yang tersedia.

Pengguna bisa menghapus data alamat e-mail dan foto kolase Instagram yang tersimpan di situs topnine.co dengan mengunjungi tautan berikut.

Setelah memasukkan alamat e-mail di tautan tersebut, seluruh data pengguna yang tersimpan di topnine.co bakal dihapus dalam 30 hari ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com