Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GoPay Alami Gangguan, Pengguna Mengeluh Tak Bisa Transaksi

Kompas.com - 04/12/2019, 11:49 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan pembayaran dan transaksi online besutan GoJek, GoPay, terindikasi mengalami gangguan pada Rabu (4/12/2019) pagi ini.

Sejumlah pengguna  GoPay mengeluhkan dompet digital tersebut tak bisa digunakan untuk melakukan transaksi. Kicauan mereka ramai beredar di Twitter.

Baca juga: AliPay dan WeChat Masuk Indonesia 2020, Ini Tanggapan GoPay

Sebagian mengaku tidak bisa membayar layanan pesan-antar makanan GoFood menggunakan GoPay. Ada pula yang mengaku tidak bisa mengirim uang ke kerabat lantaran muncul peringatan  "Unable to process".

Pembelian produk digital seperti pulsa dan kuota data menggunakan GoPay ikut bermasalah. Hanya ada keterangan "Unable to load" ketika memilih metode pembayaran GoPay.

KompasTekno pun sempat menjajal untuk mengirim saldo GoPay ke akun GoPay kerabat. Meski pengiriman berhasil, saldo GoPay KompasTekno tidak berkurang sama sekali. Kemungkinan saldo tidak terkirim.

Sempat juga dicoba untuk memesan makanan melalui aplikasi GoJek, namun ketika memilih metode pembayaran, GoPay tidak bisa dipilih dan hanya menampilkan keterangan berbunyi "Server sibuk".

Baca juga: Resmi Hadir di Indonesia, Samsung Pay Gandeng Dana dan GoPay

Layanan GoRide juga tampak tidak bisa menggunakan GoPay dan hanya bisa memakai pilihan pembayaran tunai saja.

Opsi GoPay hilang ketika memilih metode pembayaran (kiri) dan server GoPay sedang sibuk ketika membayar GoFood menggunakan GoPay (kanan).KOMPAS.com/Bill Clinten Opsi GoPay hilang ketika memilih metode pembayaran (kiri) dan server GoPay sedang sibuk ketika membayar GoFood menggunakan GoPay (kanan).

Admin media sosial GoJek pun menyarankan pengguna untuk sementara melakukan pembayaran menggunakan uang tunai.

Keluhan soal gangguan GoPay sudah mulai bermunculan sejak pagi tadi. Berdasarkan pantauan KompasTekno, hingga berita ini ditayangkan, masih banyak pengguna yang mengeluhkan layanan GoPay belum kembali normal.

KompasTekno telah menghubungi pihak GoPay untuk meminta klarifikasi soal gangguan yang sedang terjadi, namun belum memperoleh tanggapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com