Sony Pastikan Tidak Ada Penerus PS Vita

Kompas.com - 04/12/2019, 16:19 WIB
Sony tidak akan meneruskan PS Vita Pocket-lintSony tidak akan meneruskan PS Vita

KOMPAS.com - Berbeda dengan Nintendo yang makin sukses dengan konsol handheld, kondisi Sony justru sebaliknya. Sony memastikan kematian konsol genggam PlayStation (PS) Vita dan tak akan ada penerusnya.

Kabar tersebut diutarakan Jim Ryan, Presiden sekaligus CEO Sony Interactive Entertaiment. Menurutnya, Sony tidak melihat adanya masa depan bisnis dari konsol PS Vita ini.

"PlayStation Vita memiliki kelebihan dalam banyak hal dan telah memberikan pengalaman bermain game yang hebat, namun jelas kami tidak akan melanjutkan bisnis ini," ujar Jim.

Kendati demikian ia tidak menjelaskan secara rinci mengapa keputusan ini diambil. Namun keputusan ini sejatinya telah terendus sejak awal tahun 2019 ini. 

Pada bulan Februari lalu, Sony mulai menghentikan produksi konsol handheld PlayStation (PS) Vita. Pabrik PS Vita di Jepang mulai memangkas beberapa model sedikit demi sedikit.

Pada halaman resmi PlayStation Vita pun, hanya ada dua model yang masih akan didistribusikan.

Baca juga: Sony Akhirnya Resmi Setop Produksi PS Vita

Masing-masing adalah PS Vita dengan nomor model PCH-2000 ZA11 berwarna hitam dan PS Vita dengan nomor model PCH-2000 ZA23.

Keduanya adalah versi terakhir PS Vita yang dikembangkan Sony. Dalam rincian katalog, dua model itu pun dipastikan segera disetop.

"Akan segera dihentikan," begitu tertulis pada kolom keterangan ketersediaan.

Vice President Sony Interactive Entertaiment, Hiroyuki Oda sebelumnya juga mengatakan bahwa distribusi PS Vita di wilayah Jepang berhenti total per Maret 2019 lalu.

Tak diungkap apakah produksi di Eropa dan Amerika Serikat turut dihentikan atau tidak. Yang jelas, sejak akhir Mei tahun 2018 lalu, Sony pun mulai memangkas distribusi kartu game fisik PS Vita.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X