Ulang Tahun Ke-25, PlayStation Dapat Hadiah dari Guinness World Record

Kompas.com - 05/12/2019, 07:56 WIB
Logo PlayStation di TGS 2019 KOMPAS.com/Gito Yudha PratomoLogo PlayStation di TGS 2019

KOMPAS.com — Tepat tanggal 3 Desember lalu, PlayStation merayakan ulang tahunnya ke-25. Tanggal yang sama tahun 1994 silam adalah hari pertama Sony menjual konsol PlayStation  di Jepang dan menjadi legenda game.

Berbarengan dengan perayaan ulang tahun PlayStation tahun ini, Guinness World Records memberikan hadiah istimewa berupa catatan rekor sebagai merek konsol game paling laris sepanjang masa.

"Kado" ini pun diumumkan langsung oleh PlayStation di akun Twitter resminya.

Menurut Guinness World Record, PlayStation telah menjual lebih dari 450 juta unit konsol, terhitung sejak PlayStation orisinal, PlayStation 2, PlayStation 3, dan PlayStation 4 per 7 November 2019.

Baca juga: Penampakan Nyata PlayStation 5 dan Controller Barunya

Lebih spesifik lagi, PlayStation 2 dan PlayStation 4 menjadi konsol terlaris sepanjang masa.
PlayStation 2 terjual 155 juta dan PlayStation 4 terjual 102,5 juta unit per September 2019. Sementara untuk PlayStation 3 totalnya terjual 87,4 juta unit.

"PlayStation orisinal terjual 100.000 unit saat hari pertama dirilis dan kini menjadi konsol pertama yang terjual hingga 100 juta unit di seluruh dunia," kata Presiden dan CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan, dihimpun KompasTekno dari Cnet, Kamis (5/12/2019).

Dalam blog resminya, Ryan mengatakan, bersama Sony, PlayStation telah berevolusi dari konsol sederhana yang bertujuan untuk menghibur orang menjadi sebuah platform bagi para pengembang game untuk mengembangkan kreativitasnya.

Saat ini, penggemar PlayStation di dunia sedang menantikan perilisan generasi kelima yang rencananya akan dilakukan pada musim liburan tahun 2020. Ryan sempat membeberkan beberapa fitur baru yang akan dibawa PlayStation 5.

Baca juga: Bocoran PlayStation 5, dari Harga hingga Tanggal Peluncuran

Salah satunya adalah controller yang bakal dibekali haptic feedback yang diklaim bisa memberikan efek beragam dibanding teknologi rumble sebelumnya. Dari rumor yang beredar, hardware PlayStation 5 akan jauh lebih bertenaga dibandingkan pendahulunya.

PlayStation 5 diperkirakan akan dibekali pasangan CPU Ryzen dan GPU Navi dan AMD serta memori jenis SSD.

Judul-judul game legendaris di PlayStation 1 hingga PlayStation 4 kabarnya tetap akan bisa dimainkan pula. Tak hanya itu, teknologi untuk menampilkan visual yang lebih canggih dan realistis dan resolusi hingga 8K kabarnya juga akan disematkan.



Sumber CNET
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X