Escobar Fold 1 Meluncur, Ponsel Lipat Murah dari Keluarga Gembong Narkoba

Kompas.com - 05/12/2019, 15:33 WIB
Ilustrasi Escobar Fold 1. CnetIlustrasi Escobar Fold 1.

KOMPAS.com - Pernah dengar nama Pablo Escobar? Ia adalah gembong narkoba asal Kolombia yang terkenal di masanya, sekitar tahun 1980-an.

Kini, nama Escobar tiba-tiba mencuat di ranah teknologi lantaran kakak Pablo, Roberto De Jesus Escobar Gaviria, di bawah nama Escobar Inc. merilis ponsel lipat murah meriah bernama Escobar Fold 1.

Disebut murah lantaran ponsel ini hanya dibanderol dengan harga 350 dollar AS (Rp 4,9 juta), jauh lebih terjangkau dibandingkan Samsung Galaxy Fold (1.980 dollar AS/Rp 27,9 juta) atau Huawei Mate X (2.400 dollar AS/Rp 33,8 juta).

Meski dipatok dengan harga murah, aspek durabilitas ponsel ini tak main-main. Bahkan, layar plastik khusus yang tersemat di Escobar Fold 1 diklaim tak bisa pecah.

Baca juga: Ponsel Layar Lipat Motorola Razr Meluncur, Harga Rp 21 Juta

Kendati sama-sama punya portofolio ponsel lipat, pihak Escobar Inc. tak berniat untuk berkompetisi dengan Samsung atau Huawei.

Mereka justru membidik Apple yang notabene belum punya produk smartphone fleksibel. Mengapa?

Menurut Olof Gustafsson selaku CEO Escobar Inc., produk yang dijual Apple terlalu mahal dan tak masuk akal.

"Industri (smartphone) yang dulunya dijejali dengan inovasi sekarang menjadi penuh dengan perusahaan yang mencari untung," tutur Gustaffson sebagaimana dikutip KompasTekno dari Cnet, Kamis (5/12/2019).

Ia bahkan menuding Apple menipu para konsumennya lantaran menjual ponsel baru yang disokong dengan teknologi lawas.

Baca juga: Kapan iPhone Layar Lipat Apple Meluncur?

Oleh sebab itu, Escobar Inc. meluncurkan Escobar Fold 1 dengan harga yang menguntungkan bagi konsumen, meski teknologi yang diusungnya tergolong baru. 

Terlepas itu, jika membahas displaynya, ponsel layar lipat ini dibekali layar AMOLED dan mengusung mekanisme lipatan ke luar (outward) seperti Mate X. Ketika dilipat, layarnya berukuran 7,8 inci dengan resolusi FHD Plus.

Spesifikasi lainnya mencakup chipset Qualcomm Snapdragon 8 series (octa-core 2,8 GHz), kamera ganda (16 MP + 20 MP), berikut dukungan kartu SIM (Dual-SIM) yang diklaim mendukung seluruh jaringan seluler di seluruh dunia (unlocked).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNET
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X