Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Escobar Fold 1 Meluncur, Ponsel Lipat Murah dari Keluarga Gembong Narkoba

Kompas.com - 05/12/2019, 15:33 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Pernah dengar nama Pablo Escobar? Ia adalah gembong narkoba asal Kolombia yang terkenal di masanya, sekitar tahun 1980-an.

Kini, nama Escobar tiba-tiba mencuat di ranah teknologi lantaran kakak Pablo, Roberto De Jesus Escobar Gaviria, di bawah nama Escobar Inc. merilis ponsel lipat murah meriah bernama Escobar Fold 1.

Disebut murah lantaran ponsel ini hanya dibanderol dengan harga 350 dollar AS (Rp 4,9 juta), jauh lebih terjangkau dibandingkan Samsung Galaxy Fold (1.980 dollar AS/Rp 27,9 juta) atau Huawei Mate X (2.400 dollar AS/Rp 33,8 juta).

Meski dipatok dengan harga murah, aspek durabilitas ponsel ini tak main-main. Bahkan, layar plastik khusus yang tersemat di Escobar Fold 1 diklaim tak bisa pecah.

Baca juga: Ponsel Layar Lipat Motorola Razr Meluncur, Harga Rp 21 Juta

Kendati sama-sama punya portofolio ponsel lipat, pihak Escobar Inc. tak berniat untuk berkompetisi dengan Samsung atau Huawei.

Mereka justru membidik Apple yang notabene belum punya produk smartphone fleksibel. Mengapa?

Menurut Olof Gustafsson selaku CEO Escobar Inc., produk yang dijual Apple terlalu mahal dan tak masuk akal.

"Industri (smartphone) yang dulunya dijejali dengan inovasi sekarang menjadi penuh dengan perusahaan yang mencari untung," tutur Gustaffson sebagaimana dikutip KompasTekno dari Cnet, Kamis (5/12/2019).

Ia bahkan menuding Apple menipu para konsumennya lantaran menjual ponsel baru yang disokong dengan teknologi lawas.

Baca juga: Kapan iPhone Layar Lipat Apple Meluncur?

Oleh sebab itu, Escobar Inc. meluncurkan Escobar Fold 1 dengan harga yang menguntungkan bagi konsumen, meski teknologi yang diusungnya tergolong baru. 

Terlepas itu, jika membahas displaynya, ponsel layar lipat ini dibekali layar AMOLED dan mengusung mekanisme lipatan ke luar (outward) seperti Mate X. Ketika dilipat, layarnya berukuran 7,8 inci dengan resolusi FHD Plus.

Spesifikasi lainnya mencakup chipset Qualcomm Snapdragon 8 series (octa-core 2,8 GHz), kamera ganda (16 MP + 20 MP), berikut dukungan kartu SIM (Dual-SIM) yang diklaim mendukung seluruh jaringan seluler di seluruh dunia (unlocked).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com