Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erajaya Klaim Antusiasme Indonesia Sambut iPhone 11 Tinggi

Kompas.com - 06/12/2019, 16:11 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Trio iPhone 11 resmi menyambangi Indonesia hari ini, Jumat (6/12/2019). Penjualan perdana dilakukan serentak di jaringan retail Erajaya seperti iBox, Erafone, dan Urban Republic di seluruh Indonesia.

Menurut Erajaya, selaku distributor resmi Apple di Indonesia, antusiasme fanboy Apple di Indonesia terhadap iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max, diklaim cukup tinggi.

"Kita lihat di setiap titik iBox ada antrean," ungkap Djatmiko Wardoyo, Direktur Marketing Komunikasi PT Erajaya Swasembada Tbk ditemui di iBox Central Park Mall, Jakarta Barat.

"iBox di Bali yang membuka penjualan perdana satu jam lebih awal dari Jakarta, membukukan penjualan yang bagus," kata pria yang akrab disapa Koko itu.

Baca juga: Pembeli iPhone 11 Rela Antre sejak Jam 3 Pagi demi AirPods Gratis

Djatmiko Wardoyo, Direktur Marketing Komunikasi PT Erajaya Swasembada Tbk setelah setelah penjualan perdana iPhone 11 di iBox Central Park Mall, Jakarta Barat.
KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Djatmiko Wardoyo, Direktur Marketing Komunikasi PT Erajaya Swasembada Tbk setelah setelah penjualan perdana iPhone 11 di iBox Central Park Mall, Jakarta Barat.
Namun, Koko enggan menyebutkan detail angka penjualannya.

Tahun ini, Erajaya membuat metode yang berbeda dari penjualan iPhone tahun lalu.

Alih-alih menggunakan skema pre-order (PO), Erajaya menggunakan cara pre-registration atau registration of interest (ROI).

Cara ini digunakan untuk menjajaki seberapa besar minat pasar Indonesia terhadap lini baru iPhone 11.

"Bedanya dengan pre order, kalau PO selalu melibatkan down payment (DP) dulu, sehingga konsumen bayar berapa persen baru diambil. Tahun ini dari Apple tidak menyarankan (PO)," jelasnya.

Menurutnya, skema PO terlalu rumit bagi pembeli, apalagi ditambah dengan terlalu banyak promo yang ditawarkan.

"Harapannya, orang fokus ke produk dan mendapatkan pengalaman yang bagus. Bukan penawarannya banyak, tapi membingungkan, jadi prosesnya lama," jelas Koko.

Baca juga: Resmi Dijual Hari Ini, Ini Harga iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max di iBox

Dengan skema ROI, calon pembeli hanya perlu mengunjungi situs eraspace.com dan menuju eraclub. Setelahnya, mereka harus mengisi formulir untuk memilih model dan varian iPhone 11 mana yang ingin diminati.

Calon konsumen melakukan ROI otomatis akan berkesempatan mendapatkan benefit Eraclub dengan total Rp 350.000.

Menurut Koko, selama periode ROI yang dibuka 24 November hingga 5 Desember 2019, ada puluhan ribu orang yang sudah terdaftar. Namun, peminat yang mengisi ROI belum tentu membeli iPhone 11 di periode peluncuran yang digelar 6-8 Desember 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com