Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Pastikan Kehadiran Konsol PlayStation 5 Pro

Kompas.com - 09/12/2019, 16:33 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah serangkaian desas desus beredar di dunia maya, Sony akhirnya angkat bicara soal keberadaan konsol PlayStation (PS) 5 Pro.

Dalam sebuah wawancara, Executive Vice President of Hardware Engineering dan Operation Sony Interactive Entertainment, Masayasu Ito memastikan kehadiran konsol tersebut.

Menurut Masayasu, saat ini rentang waktu siklus peluncuran sebuah platform baru menjadi lebih singkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Masayasu mengatakan, sebuah platform, saat ini bisa bertahan setidaknya 6 atau 7 tahun sejak diperkenalkan. Padahal dahulu, usianya bisa lebih panjang yakni sekitar 7 bahkan hingga 10 tahun.

Hal tersebut disebabkan oleh perkembangan teknologi yang bergerak semakin cepat. Sehingga mau tak mau, produsen juga harus mengikuti perkembangan tersebut.

"Kita tidak bisa sepenuhnya mengejar perkembangan teknologi yang pesat, oleh karena itu kami berpikir hal itu juga terjadi pada PlayStation 5. Siklusnya mungkin enam hingga tujuh tahun," kata Masayasu.

Ia pun menambahkan, dampak lain dari siklus ini, membuat produsen harus mampu memperbarui teknologi yang ada di konsol PlayStation.

"Hal inilah yang menjadi alasan munculnya PS4 Pro di tengah peluncuran PS4," ujar Ito.

Berdasarkan pernyataan tersebut, peluncuran PlayStation 5 Pro pun dapat diprediksi.

Dikutip KompasTekno dari Letsgodigital, Senin (9/12/2019), jika berkaca pada peluncuran PS4 Pro yang dirilis November 2016, maka PS5 Pro diramalkan akan dirilis di penghujung tahun 2023.

Baca juga: Penampakan Nyata PlayStation 5 dan Controller Barunya

Sebab, jangka waktu kehadiran antara PS4 dan PS4 Pro adalah 3 tahun. Konsol PlayStation 5 pun baru akan diperkenalkan pada akhir tahun 2020 mendatang sehingga PS5 versi Pro diprediksi akan hadir pada 2023 mendatang.  

Kendati demikian hal tersebut baru sebatas prediksi semata, Sony pun belum berbicara secara terbuka terkait kapan konsol ini akan diluncurkan.

Sebelumnya, President & CEO Sony Interactive Entertainment (SIE), Jim Ryan, mengumbar sejumlah fitur baru yang akan hadir di konsol tersebut.

Baca juga: Sedang Siapkan PS5, Bos PlayStation Malah Mundur

Menurut Jim, Controller PS5 bakal dibekali "haptic feedback" yang diklaim mampu memberikan efek lebih beragam dibandingkan teknologi "rumble" sebelumnya.

Berdasarkan rumor yang beredar di internet, hardware PS5 akan jauh lebih bertenaga dibandingkan PS5 pendahulunya. PS5 disinyalir bakal dibekali pasangan CPU Ryzen dan GPU Navi dari AMD, berikut media penyimpanan jenis SSD.

Konsol ini pun kemungkinan akan bisa menjalankan game legacy (PS1 hingga PS4). PS5 kemungkinan hadir dengan teknologi Virtual Reality (VR) yang didukung dengan layar berkualitas 8K.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com